Penyederhanaan Sertifikasi Bisa Percepat Peluncuran Ponsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 18 Sep 2016 14:34 WIB
kominfo
Penyederhanaan Sertifikasi Bisa Percepat Peluncuran Ponsel
Vendor smartphone menyambut baik rencana Kominfo. (TIME)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara untuk menyederhanakan sertifikasi ponsel seluler disambut baik oleh vendor smartphone.

Managing Director, Lenovo-Moto Smartphones Indonesia, Adrie R. Suhadi, mengatakan, Lenovo sangat setuju jika pemerintah memang berencana untuk menyederhanakan sertifikasi ponsel.

Jika rencana ini benar terealisasi, maka hal ini akan dapat membantu para vendor smartphone untuk mempercepat peluncuran produk baru. 

"Mempercepat sudah pasti, tapi tetap ada proses sertifikasi TKDN untuk 4G devices. Namun, secara total, proses jadi lebih singkat," kata Adrie.

"Berapa lama lebih cepatnya, belum ada evaluasi mendalam, tapi kita perkirakan 2-3 minggu lebih cepat dari proses sertifikasi postel yang sekarang."

Hal yang sama disampaikan oleh Aryo Meidianto, Media Relations OPPO. Dia menyebutkan, penyederhanaan sertifikasi akan membuat konsumen dapat mendapatkan smartphone baru lebih cepat. Meskipun begitu, peluncuran perangkat baru juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lain, seperti kesiapan perangkat. 

"Penyederhanaan sertifikasi tentunya membuat efisiensi pada waktu peluncuran produk, tapi biasanya, kami bisa mengatur waktu peluncuran produk global dan Indonesia tidak terlalu jauh, karena kami sudah melakukan perizinan jauh sebelum produk diperkirakan diluncurkan," kata Aryo.

Rencana penyederhanaan sertifikasi ini juga disambut dengan baik oleh Smartfren. "Tentu saja bagus buat semua," kata Sukaca Purwokardjono, Division Head Smartphone Business, Smartfren Telecom. "Karena time to market jadi lebih cepat."

Infinix mengaku siap untuk memenuhi peraturan dari pemerintah jika pemerintah memang benar akan melakukan penyederhanaan sertifikasi ponsel seluler.

"Kami siap mematuhi peraturan pemerintah, karena beberapa sertifikasi sertifikasi seperti frekuensi dan CE0197 sudah comply dari pusat," kata Anis Thoha Manshur, Digital Marketing Manager, Infinix Mobility.

Anis menjelaskan, keuntungan yang didapat oleh Infinix dan vendor smartphone lain adalah dapat menghadirkan seri terbaru untuk Indonesia lebih cepat.

"Kami dapat menghadirkan seri terkini untuk Indonesia lebih cepat. Jadi konsumen Indonesia bisa menikmati fitur dan teknologi terkini dari Infinix," kata Anis.


(MMI)

Video /