Fujifilm GFX 50S, Kamera Mirrorless Medium Format Pertama di Dunia

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 20 Sep 2016 15:39 WIB
kamera
Fujifilm GFX 50S, Kamera Mirrorless Medium Format Pertama di Dunia
Fujifilm GFX 50S

Metrotvnews.com: Fujifilm baru saja merilis kamera mirrorless GFX 50S. Ia merupakan kamera dengan sensor medium format yang super besar dan mampu mengambil gambar hingga resolusi 51,4MP.

Menurut Peta Pixel, kamera yang telah dirumorkan sejak bulan Juli kemarin ini diklaim oleh Fujifilm dapat "menghadirkan kualitas gambar yang tidak tertandingi".

Medium format merupakan lini sensor dengan ukuran terbesar, atau lebih besar dari full frame. Sensor tersebut biasanya digunakan di kamera SLR yang masih menggunakan film. Dengan demikian, GFX 50S merupakan kamera mirrorless pertama yang menggunakan sensor medium format.



Fujifilm GFX 50S hadir dengan prosesor gambar Fuji X-Processor Pro yang dikenal dengan kualitas reproduksi warnanya. GFX 50S juga menggunakan sensor Fujifilm G Format yang berukuran 43.8 × 32.9mm dan hadir dengan resolusi 51,4MP. Sensor tersebut juga mendukung berbagai format rasio gambar, mulai dari 4:3, 3:2, 1:1, 4:5, 6:7, dan 6:17.

Jika dibandingkan dengan kamera medium format pada umumnya, Fujifilm GFX 50S memiliki bodi yang lebih ringkas karena dihadirkan dalam konsep kamera mirrorless. Selain itu, kamera ini juga didesain secara ergonomis dengan konsep desain mirip dengan kamera Fujifilm X Series.



GFX 50S tidak memiliki view finder, namun pihak Fujifilm telah menyediakan fiew finder tambahan yang bisa dihubungkan melalui hotshoe khusus di bagian atas kamera. Dengan view finder terpisah, kamera ini dapat tampil lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Kamera ini juga memiliki tipe mounting Fujifilm G dan bisa digunakan bersama lensa Fujinon GF. Fujifilm GFX 50S akan mulai dipasarkan awal tahun 2017 mendatang. Sayang, pihak Fujifilm belum memberikan informasi harganya hingga saat ini.


(MMI)