Serangan Layer 7 Jadi Tren DDoS Q2 2016

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 14 Sep 2016 08:11 WIB
cyber security
Serangan Layer 7 Jadi Tren DDoS Q2 2016
Verisign mengumumkan laporan terkait serangan DDoS pada kuartal dua 2016.

Metrotvnews.com, Jakarta: Verisign mengumumkan Laporan Tren DDoS Kuartal Kedua 2016, menampilkan tren terkait serangan distributed denial of service (DDoS). Laporan ini merupakan hasil data yang dihimpun berdasarkan analisis upaya mitigasi yang dilakukan pada pelanggan Verisign.

Laporan tersebut menyebut, rata-rata ukurang serangan puncak mencapai 17,37 Gbps atau mengalami peningkatan sebesar 214 persen dari tahun ke tahun. Namun, persentase serangan ini menurun jika dibandingkan dengan kuartal satu tahun 2016, yang mencapai 19,37 Gbps.

Sementara itu, Layanan TI, Cloud, dan SaaS mewakili 45 persen upaya mitigasi pada kuartal kedua 2016. Layanan tersebut masih menjadi industri yang menduduki posisi teratas sebagai target utama dalam 7 kuartal sebelumnya. Sementara itu, layanan finansial dan sektor publik menduduki posisi kedua dan ketiga pada laporan tersebut.

Serangan User Datagram Protocol (UDP) juga dilaporkan semakin meningkat, mewakili 56 persen dari seluruh jumlah serangan di kuartal kedua 2016. Selain itu, 64 persen dari serangan DDoS tersebut merupakan tipe serangan ganda, sedangkan 36 persen lainnya merupakan serangan tipe tunggal.

Laporan ini juga menyimpulkan penyerangan berlapis, disebut dengan nama Layer 7, menjadi tren yang diaplikasikan oleh sejumlah penyerang.

Pemilihan jenis serangan ini diperkirakan karena dapat menyulitkan pengguna dalam proses mitigasi dan identifikasi. Sebab penyerangan ini bertindak dengan meniru aktivitas pengguna yang menjadi targetnya.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /