Tinggalkan Qualcomm, Samsung Lirik Produk AMD dan NVIDIA?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 12 Sep 2016 12:47 WIB
samsung
Tinggalkan Qualcomm, Samsung Lirik Produk AMD dan NVIDIA?
Samsung dikabarkan akan menggunakan GPU dari NVIDIA atau AMD untuk Exynos. (Wikipedia)

Metrotvnews.com: Muncul kabar bahwa Samsung sedang berdiskusi dengan AMD dan NVIDIA terkait penggunaan teknologi GPU.

Dikabarkan, perusahaan asal Korea Selatan itu ingin berhenti menggunakan GPU Mali desain Exynos mereka dan mulai menggunakan GPU yang dibuat oleh AMD atau NVIDIA.

Saat ini, NVIDIA masih berada di atas angin berkat aristektur Pascal miliknya yang lebih "superior", menurut GSM Arena. Namun, AMD juga tidak bisa diacuhkan karena arsitektur Polaris miliknya digunakan pada PS4 Pro.

Menurut rumor yang beredar sebelum ini, di tahun 2017, Samsung masih menggunakan GPU Mali pada Exynos miliknya, tapi sudah menggunakan Heterogenous System Architecture (HSA).

Hal ini memungkinkan CPU dan GPU menggunakan bus yang sama dan saling berbagi memori dan tugas, yang secara teori, akan meningkatkan performa.

Sementara di tahun 2018, Samsung akan mengembangkan GPU sendiri atau membeli lisensi dari AMD atau NVIDIA. Tidak hanya itu, Samsung juga sedang mengembangkan teknologi modem CDMA mereka dengan harapan chip tersebut akan dapat diuji di September 2017. 

Jika rencana Samsung berjalan lancar, Anda hanya akan menemukan satu varian Galaxy S9 di tahun 2018 karena perusahaan asal Korea Selatan itu tidak lagi akan menggunakan prosesor Snapdragon di pasar-pasar tertentu. Hal ini menunjukkan keinginan Samsung untuk berhenti menggantungkan diri pada Qualcomm di industri perangkat mobile.

Namun, semua ini masih sekadar rumor. 


(MMI)

Video /