Hapus Port Audio Standar, Cara Apple Raup Untung Ekstra?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 09 Sep 2016 14:40 WIB
appleiphone 7
Hapus Port Audio Standar, Cara Apple Raup Untung Ekstra?
iPhone 7 tidak lagi memiliki port audio 3.5mm (foto: iFixit)

Metrotvnews.com: Meski tampil dengan berbagai fitur dan teknologi baru, iPhone 7 masih mendapat kritikan keras dari beberapa pihak. Salah satu kritikan tersebut ditujukan pada keputusan Apple untuk menghilangkan port audio 3.5mm

Saat peluncuran iPhone 7 tanggal 7 September 2016 kemarin, Apple mengatakan keputusan untuk menghilangkan port 3,5 mm adalah karena port tersebut memakan banyak ruang, sehingga membuat penempatan komponen ponsel kurang efisien. Benarkah demikian?

Menurut John Paczkowski dari BuzzFeed San Francisco, Apple memiliki agenda khusus di balik keputusannya tersebut. Paczkowski berpendapat, Apple memang sengaja menghilangkan port audio 3.5mm untuk mengeruk keuntungan lebih jauh.

Dalam artikel yang dirilisnya baru-baru ini, Paczkowski mengatakan port audio 3.5mm sudah sangat mumpuni untuk ponsel. Selain bisa menghantarkan suara dengan kualitas yang sangat baik, port audio 3.5mm juga digunakan di hampir seluruh perangkat audio. Port ini juga yang memungkinkan berbagai headset bisa digunakan di ponsel iPhone sebelumnya. Lalu mengapa Apple "membuhuhnya" di iPhone 7?

Paczkowski berpendapat, port audio 3.5mm tidak akan mendatangkan keuntungan ekstra bagi Apple karena port tersebut menggunakan lisensi publik. Artinya, semua produsen headset bisa menggunakan port tersebut tanpa membayar lisensi ke siapapun.

Berbeda dengan audio 3.5mm, port lightning yang merupakan satu-satunya port di iPhone 7, dan lisensi teknologinya dikendalikan oleh Apple. Menariknya, Paczkowski mengklaim bahwa di port lightning terdapat chip khusus yang mampu memilah perangkat yang tersertifikasi. Jadi, Apple bisa saja membuat sebuah headset menjadi tidak kompatibel dengan iPhone 7 melalui update software

Hal tersebut yang menurut Paczkowski menjadi masalah besar karena pembuat headset tidak bisa membuat perangkat tanpa izin dari Apple. Tentu saja untuk mendapatkan izin, produsen headset harus membayar sejumlah uang kepada Apple.

Dari sisi konsumen, penggunaan port lightning pada iPhone memang menawarkan keuntungan dan kekurangan. Keuntungannya adalah konsumen tidak perlu khawatir ketika membeli headset karena semua telah tersertifikasi standarisasi oleh Apple.

Namun di sisi lain, konsumen harus membayar lebih karena headset untuk iPhone 7 dipastikan akan lebih mahal karena di dalamnya terdapat biaya untuk membayar lisensi. Selain itu, konsumen juga dihadapkan dengan pilihan headset yang lebih sedikit, serta harus membeli aksesori tambahan jika ingin menggunakan headset sambil mengisi ulang baterai iPhone 7.

Menanggapi hal tersebut, Senior Vice President Apple, Phil Schiller, mengatakan pendapat Paczkowski sangat mengada-ada. Kepada The Verge, Schiller mengatakan teori Paczkowski sama halnya dengan teori konsiprasi picisan yang didorong oleh sikap paranoid terhadap produknya.

Bagaimana menurut Anda?


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /