Ada Aksesori Khusus di dalam Kotak A6 dan A6+

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 08 Jun 2018 07:18 WIB
gadgetsamsung
Ada Aksesori Khusus di dalam Kotak A6 dan A6+
Samsung Galaxy A6. (Medcom.id)

Jakarta: Samsung merilis A6 dan A6+ pada awal bulan Mei. Sekarang, Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk menjajal ponsel terbaru Samsung yang satu ini.

Dalam acara unboxing yang diadakan di Senopati, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi menjelaskan bahwa ada sesuatu yang berbeda dalam kotak A6. Samsung menambahkan satu aksesori yang biasanya tidak ada pada ponsel lain. 



Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, sekilas, tidak ada yang istimewa dari kotak A6. Ponsel seharga Rp3 jutaa ini memiliki kotak putih polos dengan tulisan A6 di bagian tengah. Ketika kotak dibuka, Anda akan langsung melihat ponsel A6 yang dibalut dengan plastik. 



Di bagian bawah kotak, Anda akan menemukan charger, kabel, earphone, pembuka SIM card dan kartu garansi serta petunjuk penggunaan. Bersama dengan kartu garansi dan paket penggunaan, terdapat potongan kardus yang dibuat sedemikian rupa sehingga ia bisa digunakan layaknya sebuah stand untuk ponsel. 



Lebih lanjut Irfan menjelaskan, Anda juga bisa memasukkan potongan kardus ini ke kotak A6 sebagai sandaran ponsel. Dengan menghadapkan speaker ponsel ke bagian bawah, maka kotak ponsel bisa berfungsi layaknya amplifier. 



Melalui A6 dan A6+, Samsung menyasar kalangan milenial yang baru mendapatkan pekerjaan pertamanya. Salah satu fitur unggulannya adalah Dolby Atmos. Fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika ponsel terhubung dengan earphone, baik melalui kabel atau Bluetooth.

Ketika fitur ini aktif, pengguna akan mendengar suara dari arah tempat suara itu berasal di dalam film atau game. Misalnya, ada musuh yang mengendap-endap dari arah kanan ketika Anda bermain game, maka suara langkah musuh akan terdengar dari sisi kanan Anda. 

Irfan menjelaskan, Samsung percaya diri bahwa dengan layar Super AMOLED, visual yang ditawarkan ponsel mereka adalah yang terbaik. Dengan Dolby Atmos, mereka ingin memberikan fitur audio yang lebih baik untuk membuat pengalaman menonton atau bermain game menjadi lebih seru. 

Mengingat saat ini para perusahaan pembuat smartphone berlomba-lomba memberikan ponsel dengan spesifikasi cukup tinggi dan harga terjangkau, Samsung harus bisa meyakinkan konsumen bahwa ponselnya -- yang biasanya lebih mahal dari pesaing -- memang menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih baik. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.