Microsoft Bantu Elon Musk Garap Kecerdasan Buatan

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 17 Nov 2016 14:44 WIB
microsoft
Microsoft Bantu Elon Musk Garap Kecerdasan Buatan
Micosoft ikut andil dalam pengembangan siste OpenAI bersama Elon Musk

Metrotvnews.com: Microsoft baru saja mengumumkan pihaknya ikut berpartisipasi dalam pengembangan sistem OpenAI yang digagas oleh Elon Musk.

Menurut Futurism, OpenAI merupakan proyek yang diprakarsai oleh Elon Musk dan berbagai perusahaan teknologi lainnya. Tujuannya adalah menghadirkan sistem kecerdasan buatan yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan manusia.

"Bergabungnya Microosft merupakan sebuah pencapaian besar bagi kami. Dengan demikian, usaha untuk membuka akses sistem kecerdasan buatan untuk berbagai pihak akan menjadi semakin nyata," tulis OpenAI di situs resminya.

Sementara untuk Microsoft, kerja sama dengan OpenAI dinilai akan membuahkan hasil tersendiri dan akan menguntungkan kedua belah pihak. Hal tersebut juga diungkapkan oleh juru bicara Microsoft kepada Tech Crunch, yang mengatakan kerja sama dengan OpenAI akan menghasilkan keuntungan bagi banyak pihak, khususnya Microsoft dan OpenAI.

Microsoft berencana akan menerapkan sistem OpenAI di platform cloud miliknya, yaitu Microsoft Azure. Dengan demikian, Azure akan bisa digunakan sebagai platform untuk melakukan penelitian yang membutuhkan sistem deep learning dari kecerdasan buatan.

Azure sebenarnya merupakan platform yang sudah dirancang agar bisa mendukung sistem kecerdasan buatan. Dengan hadirnya sistem OpenAI, pengguna Azure nantinya akan bisa mengoptimalkan sitem kecerdasan buatannya yang ditempatkan di platform cloud milik Microsoft tersebut. Tentu saja hal ini akan menarik pengguna baru dan menguntungkan Microsoft.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.