Apple Bakal Produksi iPhone di AS?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Nov 2016 05:42 WIB
appleiphone
Apple Bakal Produksi iPhone di AS?
Apple dikabarkan mempertimbangkan untuk memproduksi iPhone di AS. (AP Photo / Richard Drew, File)

Metrotvnews.com: Apple mempertimbangkan untuk memproduksi iPhone di Amerika Serikat, lapor Nikkei Asian Review.

Kemarin, menyebut seorang anonim sebagai sumber, media asal Jepang itu melaporkan bahwa Apple telah meminta 2 perusahaan perakit iPhone yang bermarkas di Asia untuk memikirkan kemungkinan melakukan produksi di AS.

Permintaan itu Apple sampaikan pada Foxconn Technology Group dan Pegatron. Apple menyampaikan hal ini pada bulan Juni lalu. Namun, Apple tidak menjawab saat diminta untuk berkomentar terkait hal ini.

CNET menyebutkan, melakukan produksi iPhone di AS akan menjadi jawaban Apple atas keinginan presiden terpilih Donald Trump. Dalam sebuah pidato pada bulan Januari lalu, Trump menyebutkan bahwa pemerintahannya akan "mendorong Apple untuk memproduksi komputer dan perangkat mereka di negara sendiri dan bukannya negara lain."

Namun, hal ini dapat meningkatkan harga iPhone.

"Memproduksi iPhone di AS berarti ongkos pembuatan akan menjadi dua kali lipat atau lebih," kata narasumber Nikkei Asian Review. Media itu juga menyebutkan, ada kemungkinan, produksi iPhone tidak sepenuhnya dilakukan di AS. Jadi, hanya sebagian komponen iPhone saja yang dibuat di AS.

Minggu lalu, dalam sebuah memo pada karyawan, CEO Apple Tim Cook membahas tentang respons akan kemenangan Trump. Dia berkata, "Kita hanya akan dapat melakukan hal hebat dan memperbaiki dunia dengan terus maju ke depan."

Terpilihnya Trump sebagai presiden dapat membuat harga iPhone naik. Alasannya, karena dia ingin menetapkan pajak pada produk yang diimpor dari Tiongkok. Namun, pemerintah Tiongkok mengaku siap melawan jika Trump mendeklarasikan perang dagang dengan Tiongkok.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /