Google dan HP Garap Chromebook Anyar untuk Pendidikan

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 06 Mar 2017 09:52 WIB
google
Google dan HP Garap Chromebook Anyar untuk Pendidikan
HP Chromebook x360 11 G1 Education Edition.

Metrotvnews.com: Google mengumumkan Chromebook baru untuk bidang pendidikan, HP Chromebook x360 11 G1 Education Edition. Perangkat ini diumumkan Google bersamaan dengan perayaan keberhasilan Chromebook di sekolah di negara Swedia.

Menurut GSM Arena, tidak tersedia banyak informasi detil terkait dengan model ini. Google hanya menyebut notebook ini berbekal engsel berkemampuan putar hingga 360 derajat, serta dukungan port USB Type-C.

Selain itu, perangkat ini juga didukung oleh stylus opsional serta kamera yang menghadap ke arah luar. Notebook ini juga diperkirakan berbasis perangkat karya Hawlett-Packard (HP), yaitu HP ProBook x360 11 G1 Education Edition. Namun, perangkat HP hadir dengan sistem operasi Windows 10 Pro.

Hal ini menimbulkan asumsi bahwa notebook Chromebook tersebut juga didukung chipset prosesor serupa, yaitu Intel Celeron N3350 atau Pentium N4200, didampingi oleh RAM DDR3 8GB, memori flash 128GB dan layar sentuh 11,6 inci beresolusi 1366x768 piksel. Tersedia di pasar per pertengahan April mendatang, saat ini belum tersedia informasi terkait harga notebook tersebut.

Sementara itu, setelah mengumumkan pendistribusian Assistant pada ponsel Android Marshmallow dan seterusnya, Google juga menyebut tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan asisten virtual karyanya tersebut pada ponsel cerdas Apple, iPhone.

Sebelumnya Google juga mengumumkan YouTube TV, menawarkan akses ke 44 saluran dengan biaya berlangganan sebesar USD35 atau sekitar Rp466 ribu per bulan. YouTube TV memungkinkan pengguna menonton konten dari berbagai perangkat, dari ponsel hingga TV.


(MMI)

Video /