Facebook Janji Perangi Berita Palsu

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 11 Nov 2016 15:48 WIB
facebook
Facebook Janji Perangi Berita Palsu
Facebook berjanji akan memerangi pemberitaan palsu yang menjadi permasalahan pada halaman Newsfeed.

Metrotvnews.com: Facebook mengumumkan akan memerangi pendistribusian pemberitaan palsu. Keputusan ini diumumkan VP Product Management Facebook, Adam Mosseri, setelah beredarnya sejumlah berita palsu terkait pemilihan presiden Amerika Serikat di minggu ini, yang dimenangkan oleh Donald Trump.

Mosseri menyebut, Facebook telah menyadari permasalahan terkait pemberitaan palsu tersebut, dan akan menindaklanjuti kesalahanan informasi pada jejaring sosialnya dengan lebih serius, Mosseri juga menambahkan, bahwa Facebook menghargai komunikasi otentik dan mendengarkan permintaan pengguna yang tidak menginginkan adanya informasi yang salah tersebut.

Facebook tidak mengakui perusahaannya sebagai organisasi pemberitaan, namun klaim tersebut berbeda dari hasil temuan Pew Research Center yang diumumkan pada bulan Mei lalu.

Hasil temuan tersebut mengungkap sekitar 62 persen pengguna dewasa di Amerika Serikat menemukan berita melalui media sosial, Dan Facebook dinilai memiliki peran besar dalam hal tersebut.

Sementara itu, BuzzFeed News melaporkan, sekelompok remaja di Macedonia menemukan cara untuk mengubah algoritma Facebook Newsfeed. Kelompok remaja ini memperoleh keuntungan hingga USD5.000 per bulan dengan mengedar berita palsu pendukung Trump pada situs jejaring sosial ini.

Sejumlah berita palsu tersebut di antaranya berjudul "Breaking: Proof Surfaces that Obama was born in Kenya - Trump was right all along", dan "Oprah Tells FOX News Host 'Some White People Have To Die'". Pemberitaan palsu ini juga mengindikasikan permasalahan lain yang disebut sebagai "filter gelembung".

Permasalahan ini disebabkan oleh pemberitaan di Facebook dan media sosial lain, yang sering kali dikonsumsi secara sepihak oleh pengguna, berdasarkan kesamaan pendapat antara pengguna dan sumber berita.

Sayangnya, Facebook tidak menjelaskan cara yang akan ditempuhnya untuk menangani pemberitaan palsu atau filter gelembung pada situsnya.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /