Luksemburg Legalkan Operasi Penambangan di Luar Angkasa

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 14 Nov 2016 10:57 WIB
antariksa
Luksemburg Legalkan Operasi Penambangan di Luar Angkasa
Penambangan luar angkasa kini menjadi legal di Luksemburg

Metrotvnews.com: Pemerintah Luksemburg baru saja dilaporkan telah menerapkan aturan baru untuk kegiatan penambangan di luar angkasa.

Menurut IB Times, aturan baru tersebut dibuat untuk melegalisasi operasi penambangan objek luar angkasa. Aturan tersebut juga dibuat berdasarkan perjanjian internasional mengenai kepemilikan objek luar angkasa.

"Aturan baru ini dibuat berdasarkan perjanjian internasional mengenai kepemilikan objek dan sumber daya yang ada di luar angkasa. Aturan ini juga tidak akan melanggar wilayah yang ditetapkan oleh perjanjian tersebut," ujar Menteri Ekonomi Luksemburg, Etienne Schneider.

Menurut aturan tersebut, perusahaan swasta diperbolehkan melakukan operasi penambangan di luar angkasa dan mengambil sumber dayanya sesuai dengan hukum internasional yang berlaku. Hukum internasional sendiri mengatakan objek luar angkasa merupakan teritori internasional dan tidak mengikat pada satu negara.

Aturan baru Luksemburg kali in menambahkan berbagai hak dan batasan tertentu jika sebuah organisasi atau perusahaan ingin melakukan eksplorasi dan memanfaatkan sumber daya luar angkasa. Dengan kata lain, perusahaan swasta kini bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dil luar angkasa melalui aturan baru yang ditetapkan oleh pemerintah Luksemburg.

Dengan diterapkannya aturan baru ini, Luksemburg juga menjadi negara pertama yang melegalkan operasi penambangan di luar angkasa. Schneider juga menambahkan aturan baru ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah Luksemburg untuk menjadi salah satu pusat eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya luar angaksa di Eropa.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.