Seperti Apa Penampakan dalam Xiaomi Mi Note 3?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 19 Sep 2017 23:51 WIB
teknologixiaomi
Seperti Apa Penampakan dalam Xiaomi Mi Note 3?
Xiaomi Mi Note 3 memiliki susunan komponen di bagian dalamnya yang terbilang sangat mudah

Metrotvnews.com: Xiomi Mi Note 3 belum lama dirilis, namun telah beredar video tentang cara membongkar perangkat tersebut yang menunjukkan betapa mudahnya untuk membongkar tiap bagian smartphone tersebut.

Xiaomi Mi Note 3 bari saja dirilis beberapa minggu lalu di Beijing, Tiongkok bersamaan dengan seri Mi MIX 2 yang mengusung desain layar bezel-less. Adapun Xiaomi Mi Note 3 menggunakan lapisan material metal dan kaca untuk bodinya menyerupai Xiaomi Mi 6.

Xiaomi Mi Note 3 memiliki layar berukuran 5,5 inci Full HD dengan dukungan prosesor Snapdragon 660 64-bit ocat-core serta RAM 6GB dan memori internal 64GB. Fitur utamanya terdiri dari kamera belakang yang merupakan kamera ganda beresolusi 12MP dan kamera depan 16MP, pemindai sidik jari, dan baterai berkapasitas 3.500mAh.

Dilansir dari Android Headlines, langkah pertama untuk membongkar Xiaomi Mi Note 3 adalah dengan mengeluarkan dahulu slot kartu SIM yang ada di sisi kiri perangkat tersebut agar tidak ada bagian yang tersangkut saat dibongkar. Tentu saja jangan lupa menonaktifkan Xiaomi Mi Note 3.

Untuk melepaskan cangkang belakang dengan bagian wajah perangkat tersebut Anda membutuhkan heat gun atau alat yang menghasilkan udara panas. Arahkan heat gun ke tiap tepian cangkang belakang Xiaomi Mi Note 3 yang melekat dengan bagian wajah perangkat tersebut. Panaskan bagian tadi hingga sekitar 2 menit saja.

Untuk memisahkan lapisan cangkang belakang atau back cover dengan bagian depannya Anda harus menggunakan sebuah alat bernama suction clamp atau sebuah penjepit dengan karet penghisap di tiap ujungnya.

Alat ini biasa dipergunakan untuk memasang layar LCD smartphone saat perbaikan. Jika tidak ada bisa juga menggunakan sebuah kartu tipis yang diselipkan ke tiap sisi sehingga perlahan cover belakang smartphone terbuka.



Ketika Anda berhasil memisahkan cover belakang dan wajah dari Xioami Mi Note 3, maka Anda akan melihat susunan bagian dalam dari smartphone tersebut. Terlihat jelas bahwa Xiaomi Mi Note 3 menggunakan desain yang umum, yaitu 3 stage design dengan susunan dari atas kebawah: motherboad tempat komponen prosesor berada, baterai, dan sub-board berisi komponen untuk pengisian daya.

Beruntung, Xiaomi Mi Note 3 menggunakan desain tersebut yang artinya tidak sulit ketika perangkat tersebut untuk dibongkar, entah itu untuk perbaikan komponen atau mengganti salah satu komponen yang rusak dengan komponen baru. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang enggan mengeluarkan banyak uang.

Lalu, untuk membongkar tiap komponen harus dimulai dari bagian motherboard, bagian ini pun ditutupi dengan lembaran plastik yang direkat dengan beberapa sekrup. Jika seluruh sekrup sudah terlepas lanjutkan dengan melepaskan seluruh kabel konektor yang menghubungkan motherboard dengan bagian baterai.



Anda juga masih harus melakukan hal yang sama ketika ingin membongkar bagian sub-board yang di dalamnya terdapat komponen pengisian daya dan speaker audio. Jangan lupa untuk melepaskan kabel konektor yang terhubung dengan baterai.



Apabila Anda juga membongkar bagian pelindung komponen kamera Xiaomi Mi Note 3, maka Anda bisa mengetahui sensor kamera yang dipergunakan oleh perangkat tersebut. Pada bagian kamera  belakang menggunakan sendor Sony IMX386 dan untuk kamera depannya menggunakan lensa yang dirakit oleh Sunny Optical Technology, perusahaan manufaktur lensa optik yang berbasis di Tiongkok.


 


(MMI)

Video /