SSD Ini Punya Kapasitas 50TB

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 17 Jul 2017 08:23 WIB
teknologi
SSD Ini Punya Kapasitas 50TB
Viking UHC Silo diciptakan secara khusus untuk penggunaan di data center

Metrotvnews.com: Produsen SSD Viking mengumumkan varian SSD barunya yang memiliki kapasitas super besar, yaitu hingga 50TB.

Kapasitas tersebut bahkan jauh lebih besar dari kebanyakan HDD di pasar yang rata-rata masih berada di bawah 10TB. Menurut PC GAMER, SSD baru dari Viking ini merupakan model SSD Ultra-High Capacity (UHC) Silo Series yang tampil dengan form-factor 3.5-inch.

Sayangnya, SSD ini tidak akan dijual sembarangan. Viking UHC Silo diciptakan secara khusus untuk penggunaan di data center, bukan untuk konsumen biasa. Meski demikian, SSD ini masih menggunakan interface SATA 6Gbps, sehingga secara teori Anda masih bisa menggunakannya di PC rumahan.



SSD ini dikatakan telah menggunakan memori planar berjenis Multi-Level Cell (MLC) NAND Flash, serta telah ditenagai oleh prosesor khusus yang jenisnya masih dirahasiakan. Kombinasi keduanya memungkinkan SSD ini memiliki kecepatan baca sequential hingga 350MBps. Sementara kecepatan baca dan tulis acaknya mencapai 60.000 serta 10.000 IOPS.

Bagi industri IT dan data center, perusahaan memang selalu mencari solusi penyimpanan berkapasitas besar dan cepat. SSD ini tentu saja bisa menjadi solusi yang sangat tepat, meski harganya sudah dipastikan akan sangat mahal yaitu mencapai USD15000 (kisaran Rp200 juta) per unitnya.


(MMI)

Video /