Google Maps Tanam Petunjuk Khusus untuk Pengguna Kursi Roda

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 08 Sep 2017 15:50 WIB
google
Google Maps Tanam Petunjuk Khusus untuk Pengguna Kursi Roda
Google manfaatkan partisipan Local Guides untuk sumbang informasi terkait ketersediaan akses pengguna kursi roda di suatu wilayah.

Metrotvnews.com: Google mengandalkan fitur Local Guides untuk menghadirkan informasi terkait wilayah ramah akses untuk pengguna kursi roda pada aplikasi Maps. Hal ini sebagai bentuk dukungan Google terhadap regulasi baru terkait ketersediaan akses untuk pengguna kursi roda yang ditetapkan pemeritah Amerika Serikat.

Keputusan Google untuk menambahkan informasi ketersediaan akses tersebut sebelumnya telah diumumkannya pada bulan Desember tahun lalu. Namun, pengimplementasiannya harus tertunda akibat sejumlah masalah yang dihadapi oleh kamera Street View atau algoritma gambar versi baru karyanya.

Kamera dan algoritma tersebut dilaporkan Slash Gear tidak mampu mengindentifikasi jalur kursi roda atau mengetahui ketersediaan akses di dalam gedung. Hal ini menyebabkan Google memutuskan untuk memanfaatkan bantuan dari pengguna aplikasi Maps.

Sebelum Pokemon GO populer di kalangan masyarakat, Google telah lebih dahulu memanfaatkan bantuan manusia penyuka travelling untuk menyumbangkan informasi di Local Guides, program yang ditujukan untuk menambahkan informasi ke Google Maps yang tidak mampu disediakannya.

Berbagai informasi tersebut berkisar dari jam operasional bisnis hingga photo 360 derajat dari lokasi terpencil atau yang sulit dijangkau. Kini informasi tersebut juga termasuk lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah oleh pengguna kursi roda.

Pengguna yang telah terdaftar pada program Local Guides dapat mengakses halaman kontribusi mereka untuk menjawab pertanyaan terkait kursi roda dari lokasi yang mereka kunjungi. Namun, pengguna tidak harus menunggu hingga mengunjungi  suatu lokasi.

Pengguna Android dapat secara aktif mencari lokasi yang masih memiliki sedikit informasi, serupa dengan metode perburuan yang dilakukan di Pokemon Go. Google juga menyelenggarakan pertemuan, memungkinkan Local Guides bersama-sama mengeksplorasi tempat baru, dan menambahkan informasi yang diperolehnya ke Google.

Google menyebut menjawab pertanyaan yang disuguhkannya hanya membutuhkan waktu selama beberapa detik, namun waktu tersebut akan berdampak positif kepada pengguna kursi roda yang akan menjelajahi lokasi baru di berbagai wilayah. Selain pengguna umum, pengguna kursi roda juga dapat menambahkan informasi terkait, saat berkunjung ke lokasi baru.


(MMI)