IFA 2017

Huawei Rilis Kirin 970, Dukung Fitur Kecerdasan Buatan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 04 Sep 2017 13:43 WIB
huaweiifa 2017
Huawei Rilis Kirin 970, Dukung Fitur Kecerdasan Buatan
Huawei baru saja rilis Kirin 970. (Digital Trends)

Metrotvnews.com: Huawei baru saja mengumumkan keberadaan Kirin 970, sebuah prosesor mobile generasi baru yang dilengkapi satu fitur penting, yaitu Neural Processing Unit atau NPU. Fitur ini menjadi fitur kunci karena ia merupakan otak di balik platform kecerdasan buatan mobile dari Kirin 970, yang memungkinkan AI berbasis cloud dan AI pada perangkat untuk berjalan bersamaan dengan mulus. 

Huawei menyebutkan, dua teknologi AI tersebut akan bisa saling melengkapi, memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik pada pemilik smartphone dengan melakukan proses lebih cepat, memberikan data yang lebih personal dan mengerti dunia dengan lebih baik.

AI biasanya identik dengan asisten virtual seperti Siri dari Apple dai Google Assistant. Namun, Huawei belum meluncurkan asisten virtual sendiri. Mereka justru memamerkan betapa cepatnya proses pengenalan objek oleh Kirin 970 berkat NPU. Kirin 970 dapat memproses 2.000 gambar per menit. Peningkatan performa ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan prosesor lain dengan kemampuan serupa, lapor Digital Trends.

Huawei menjelaskan, NPU akan digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis cloud secara real-time pada smartphone. Banyak keuntungan yang diberikan oleh NPU fokus pada fitur fotografi pada ponsel. Misalnya, jika Anda masih harus menunggu aplikasi Prisma untuk mengubah foto menjadi sebuah karya seni, dengan NPU, perubahan gambar itu bisa terjadi secara real-time. 

Selain itu, adanya fitur pengenalan objek berarti ponsel bisa mengetahui objek apa yang ada di depan kamera dan bisa menyesuaikan mode kamera untuk mengambil gambar. Keberadaan NPU diharapkan akan mendorong pengembangan aplikasi inovatif yang menggunakan AI pada perangkat, ujar Huawei. Namun, para developer tetap bebas untuk memilih penggunaan kecerdasan di perangkat atau berbasis cloud

Sama seperti Qualcomm Snapdragon 835, Kirin 970 dibuat dengan proses manufaktur 10nm. Prosesor ini memiliki 5,5 juta transistor, lebih banyak dari Snapdragon 835, yang memiliki 3,1 juta transistor, lapor Engadget. Kirin 970 memiliki CPU 8 inti dan GPU dengan 12 inti. Huawei mengklaim, prosesor barunya memiliki 25 persen tenaga lebih besar dan 50 kali efisiensi yang lebih baik dari prosesor quad-core Cortex-A73. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

3 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /