IFA 2017

Huawei Rilis Kirin 970, Dukung Fitur Kecerdasan Buatan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 04 Sep 2017 13:43 WIB
huaweiifa 2017
Huawei Rilis Kirin 970, Dukung Fitur Kecerdasan Buatan
Huawei baru saja rilis Kirin 970. (Digital Trends)

Metrotvnews.com: Huawei baru saja mengumumkan keberadaan Kirin 970, sebuah prosesor mobile generasi baru yang dilengkapi satu fitur penting, yaitu Neural Processing Unit atau NPU. Fitur ini menjadi fitur kunci karena ia merupakan otak di balik platform kecerdasan buatan mobile dari Kirin 970, yang memungkinkan AI berbasis cloud dan AI pada perangkat untuk berjalan bersamaan dengan mulus. 

Huawei menyebutkan, dua teknologi AI tersebut akan bisa saling melengkapi, memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik pada pemilik smartphone dengan melakukan proses lebih cepat, memberikan data yang lebih personal dan mengerti dunia dengan lebih baik.

AI biasanya identik dengan asisten virtual seperti Siri dari Apple dai Google Assistant. Namun, Huawei belum meluncurkan asisten virtual sendiri. Mereka justru memamerkan betapa cepatnya proses pengenalan objek oleh Kirin 970 berkat NPU. Kirin 970 dapat memproses 2.000 gambar per menit. Peningkatan performa ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan prosesor lain dengan kemampuan serupa, lapor Digital Trends.

Huawei menjelaskan, NPU akan digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis cloud secara real-time pada smartphone. Banyak keuntungan yang diberikan oleh NPU fokus pada fitur fotografi pada ponsel. Misalnya, jika Anda masih harus menunggu aplikasi Prisma untuk mengubah foto menjadi sebuah karya seni, dengan NPU, perubahan gambar itu bisa terjadi secara real-time. 

Selain itu, adanya fitur pengenalan objek berarti ponsel bisa mengetahui objek apa yang ada di depan kamera dan bisa menyesuaikan mode kamera untuk mengambil gambar. Keberadaan NPU diharapkan akan mendorong pengembangan aplikasi inovatif yang menggunakan AI pada perangkat, ujar Huawei. Namun, para developer tetap bebas untuk memilih penggunaan kecerdasan di perangkat atau berbasis cloud

Sama seperti Qualcomm Snapdragon 835, Kirin 970 dibuat dengan proses manufaktur 10nm. Prosesor ini memiliki 5,5 juta transistor, lebih banyak dari Snapdragon 835, yang memiliki 3,1 juta transistor, lapor Engadget. Kirin 970 memiliki CPU 8 inti dan GPU dengan 12 inti. Huawei mengklaim, prosesor barunya memiliki 25 persen tenaga lebih besar dan 50 kali efisiensi yang lebih baik dari prosesor quad-core Cortex-A73. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

23 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.