Intip Cara Meningkatkan Kunjungan ke Blog dan Website Anda

M Studio    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:11 WIB
media sosial
Intip Cara Meningkatkan Kunjungan ke Blog dan <i>Website</i> Anda
ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Blogger dan pemilik website tentu sudah tidak asing dengan istilah search engine optimization (SEO). Ada dua tipe SEO yang biasanya digunakan untuk mengoptimalkan hasil yang dituju: on-page SEO dan off-page SEO.

Tujuan utama dari penggunaan SEO adalah untuk menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari. Anda tentu ingin website milik Anda muncul di halaman pertama atau lima halaman pertama.

Meningkatkan peringkat halaman Anda di mesin pencari dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda. Ini membantu menaikkan traffic, brand awareness, peringkat halaman, dan konversi dari pengunjung menjadi pelanggan.

Berikut ini sedikit penjelasan tentang SEO dan dampaknya bagi web dari CEO Dewaweb.com Edy Budiman:

Apa perbedaan off-page SEO dan on-page SEO?

Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on-page (hal-hal mengenai website Anda) dan off-page (seberapa populer website Anda).

Sederhananya, kategori peringkat Anda ditentukan oleh faktor on-page dan seberapa tinggi peringkat Anda dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off-page.

Dalam on-page SEO, tips yang biasanya diberikan adalah mengenai kecepatan loading halaman, konten, kualitas konten, eksternal links, judul serta deskripsi, dan lainnya. Sedangkan dalam off-page, Anda akan diberikan tips mengenai link building, social media marketing, dan social bookmarking.

Mengapa off-page SEO penting?

Saat seseorang mencari informasi mengenai sebuah brand, mereka biasanya sudah punya pendapat sendiri berdasarkan review, komentar dari teman dan keluarga, atau kenalan di dunia maya, serta informasi apapun yang mereka bisa dapatkan baik online maupun offline.

Off-page SEO pada dasarnya memberi tahu mesin pencari seperti Google bagaimana pendapat pengunjung mengenai website Anda yang dapat membantu website Anda menjadi website otoritas dengan meningkatkan visibilitas.

Teknik ini juga membuat pengunjung menyebut brand Anda dan menautkannya ke konten website Anda.

Namun, banyak yang berpikir bahwa off-page SEO hanyalah link building. Padahal ada beberapa cara lain dalam mengoptimalkan penggunaan off-page SEO.

Metode baru off-page SEO:

1. Link building

Metode ini merupakan metode off-page yang paling populer dan efektif. Pada dasarnya saat Anda memberikan link eksternal dalam konten Anda, Anda berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin untuk menaikkan peringkat dan mengungguli kompetitor Anda.

Serupa dengan konten, pastikan Anda mendapatkan backlinks yang berkualitas. Backlinks yang banyak namun tidak berkualitas tidak lebih baik dibandingkan sedikit backlinks namun dari link yang berkualitas.

Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah link:

- Website yang terpercaya.
- Konteks yang relevan dengan isi konten Anda.
- Popularitas dari backlinks.
- Teks untuk link harus mendeskripsikan konten dari link - target dalam beberapa kata.
- Link natural dan bukan berbentuk seperti javascript.

Lalu bagaimana cara mendapatkan link ini? Natural link merupakan link yang paling disukai oleh mesin pencari.

Natural link berarti website Anda disukai oleh pemilik website lain dan memberikan link menuju website Anda karena sesuai dengan isi konten mereka.

Mendapatkan natural link memang tidaklah mudah. Cara terbaik adalah dengan mengunggah konten yang berkualitas yang layak dijadikan backlink di website mereka.

Jika Anda menggunakan cara-cara lama yang hanya mementingkan kuantitas, bersiaplah untuk terkena penalti dari Google.

Ada satu cara lain dalam melakukan link building yaitu guest posting di mana Anda menulis di blog lain atau sebaliknya. Namun, ada baiknya Anda melakukan ini tidak hanya untuk mendapatkan link dan jangan melakukannya terlalu sering.

Aturan penggunaan link building berubah setiap waktu dan mesin pencari pun berusaha menghindari penggunaan cara yang salah. Namun, jika Anda menerapkan strategi yang baik tujuan penggunaan link building akan tercapai.

2. Social media

Hampir semua orang memiliki social media. Selain untuk bersosialisasi dan bersenang-senang, ini juga bisa digunakan untuk off-page SEO.

Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan traffic. Meskipun link yang Anda temukan di social media biasanya adalah no-follow links, bukan berarti link tersebut tidak berharga.

Mempromosikan brand Anda di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan.
Semakin banyak orang menemukan profil Anda, semakin besar kesempatan mereka mengunjungi website Anda.

Social media bisa menjadi link ekstra yang mengarahkan calon pengunjung ke website melalui profil Anda.

3. Local SEO

Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik, metode Local SEO juga semakin populer.

Meskipun terlihat serupa dengan SEO biasanya, kedua SEO ini sangat berbeda. Local SEO berfokus pada memberikan hasil yang berkaitan berdasarkan lokasi pengguna saat itu.

Untuk menggunakan local SEO, gunakan Google Places for Business Page dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+ Anda.

Google baru-baru ini menyatakan bahwa 87% orang menggunakan ponsel mereka dalam perjalanan. Selain itu, 95% pengguna ponsel mencari informasi lokal melalui ponsel mereka.

Mau belajar lebih banyak tentang search engine optimization?

Yuk, daftar Connext Online Mentoring bersama Edy Budiman pada 3 Agustus 2017, pukul 19.00 WIB hingga selesai. Ada juga mentoring William Tanuwijaya (Tokopedia), Natali Ardianto (Tiket.com), Iman Usman (Ruangguru), Vikra Ijas (Kitabisa.com), Danny (Dagelan), dan 40 Mentor lainnya.

Daftar sekarang di youngontop.com/connext. Dapatkan diskon 20 persen untuk setiap downloader Apps Metro TV.




(TRK)

Video /