Bersama PSN, Indosat Ooredoo Beli Satelit Palapa-N1

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 17 May 2017 18:09 WIB
satelitindosattelekomunikasi
Bersama PSN, Indosat Ooredoo Beli Satelit Palapa-N1
Proses penandatanganan pembelian satelit Palapa-N1.

Metrotvnews.com, Jakarta: Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) menandatangani kesepakatan kerja sama untuk membeli satelit dengan produsen satelit asal Tiongkok, China Great Wall Industri Corporation (CGWIC).

Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam acara Asia Pacific Satellite Communications Systems International Conference (APSAT) yang diadakan di Fairmont Hotel, Rabu (17/5/2017). PSNS merupakan perusahaan joint venture dari Indosat Ooredoo dengan Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

CGWIC akan mengembangkan orbit yang dinamai Palapa Nusantara 1 atau Palapa-N1 ini menggunakan Chinese DFH 4 Bus. Palapa-N1 juga sudah menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS). Satelit ini akan diluncurkan menggunakan peluncur Long March 3B dari Xichang Satellite Launch Center di Tiongkok. 

Palapa-N1 akan menjadi pengganti dari Palapa-D dan mengisi slot orbit 113 derajat Bujur Timur. Fungsi satelit ini adalah untuk mengoptimalkan spektrum milik operator untuk menyediakan layanan broadcast atau broadband di seluruh Indonesia. 

"Akses broadband adalah kunci bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan manfaat lebih banyak dari dunia digital," ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo. "Satelit baru ini akan membantu mempercepat proses penetrasi broadband di Indonesia, mempercepat terwujudnya masyarakat digital Indonesia."

Senada dengan Alex, CEO PT PSN, Adi rahman Adiwoso juga mengungkapkan harapannya agar satelit Palapa-N1 dapat membantu memeratakan akses internet di Indonesia. "Kami harap kolaborasi ini dapat memecahkan masalah kesenjangan digital yang ada di masyarakat kita, sekaligus mempercepat penetrasi akses internet ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Selain untuk layanan konsumen selular Indosat Ooredoo, satelit Palapa-N1 juga akan digunakan untuk mendukung solusi korporat atau B2B. Mengingat Indonesia memiliki geografis yang unik, berupa kepulauan dengan banyak pegunungan, maka satelit memiliki peran penting untuk mencapai seluruh masyarakat, terutama di kawasan terpencil.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.