Bersama PSN, Indosat Ooredoo Beli Satelit Palapa-N1

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 17 May 2017 18:09 WIB
satelitindosattelekomunikasi
Bersama PSN, Indosat Ooredoo Beli Satelit Palapa-N1
Proses penandatanganan pembelian satelit Palapa-N1.

Metrotvnews.com, Jakarta: Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) menandatangani kesepakatan kerja sama untuk membeli satelit dengan produsen satelit asal Tiongkok, China Great Wall Industri Corporation (CGWIC).

Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam acara Asia Pacific Satellite Communications Systems International Conference (APSAT) yang diadakan di Fairmont Hotel, Rabu (17/5/2017). PSNS merupakan perusahaan joint venture dari Indosat Ooredoo dengan Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

CGWIC akan mengembangkan orbit yang dinamai Palapa Nusantara 1 atau Palapa-N1 ini menggunakan Chinese DFH 4 Bus. Palapa-N1 juga sudah menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS). Satelit ini akan diluncurkan menggunakan peluncur Long March 3B dari Xichang Satellite Launch Center di Tiongkok. 

Palapa-N1 akan menjadi pengganti dari Palapa-D dan mengisi slot orbit 113 derajat Bujur Timur. Fungsi satelit ini adalah untuk mengoptimalkan spektrum milik operator untuk menyediakan layanan broadcast atau broadband di seluruh Indonesia. 

"Akses broadband adalah kunci bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan manfaat lebih banyak dari dunia digital," ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo. "Satelit baru ini akan membantu mempercepat proses penetrasi broadband di Indonesia, mempercepat terwujudnya masyarakat digital Indonesia."

Senada dengan Alex, CEO PT PSN, Adi rahman Adiwoso juga mengungkapkan harapannya agar satelit Palapa-N1 dapat membantu memeratakan akses internet di Indonesia. "Kami harap kolaborasi ini dapat memecahkan masalah kesenjangan digital yang ada di masyarakat kita, sekaligus mempercepat penetrasi akses internet ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Selain untuk layanan konsumen selular Indosat Ooredoo, satelit Palapa-N1 juga akan digunakan untuk mendukung solusi korporat atau B2B. Mengingat Indonesia memiliki geografis yang unik, berupa kepulauan dengan banyak pegunungan, maka satelit memiliki peran penting untuk mencapai seluruh masyarakat, terutama di kawasan terpencil.


(MMI)

Video /