MWC 2018

Sony Umumkan Earbud Nirkabel Xperia Ear Duo

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 27 Feb 2018 10:54 WIB
sonymwc 2018
Sony Umumkan Earbud Nirkabel Xperia Ear Duo
Sony turut meluncurkan earphone nirkabel terbarunya, Sony Xperia Ear Duo, di ajang MWC 2018.

Jakarta: Bersamaan dengan Xperia XZ2 dan XZ2 Compact, Sony turut mengumumkan Xperia Ear Duo di ajang Mobile World Congress 2018 yang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol. Headphone nirkabel ini menawarkan pengalaman mendengarkan musik tanpa terisolasi dari sekitar.

Sony Xperia Ear Duo ini akan mulai didistribusikan pada bulan Mei 2018 mendatang, dan akan tersedia dalam pilihan warna hitam dan emas. Aksesori yang diklaim mampu menawarkan pengalaman mendengarkan suara ganda ini dipasarkan seharga USD279,99 (Rp3,8 juta).

Earphone ini merupakan penerus Sony Xperia Ear yang dirilis pada tahun 2016 lalu, dan kurang mendapatkan sambutan baik di pasar. Sementara itu, konsep Xperia Ear Duo yang belum berfungsi pertama kali dipamerkan pada ajang MWC 2017 lalu, dan kemudian dipamerkan di ajang IFA 2017.

Desain yang diusung perangkat ini tergolong unik, terdiri dari bagian in-ear dan bagian tebal bernama Spatial Acoustic Conductor, untuk ditempatkan di belakang telinga pengguna. Sementara itu, bagian tebal perlu diposisikan di bawah telinga, dan bukan di atasnya.

Untuk suara, Sony membekali Xperia Ear Duo dengan teknologi mendengarkan ganda, memungkinkan pengguna mendengarkan musik dan suara di latar belakang dalam waktu bersamaan. Teknologi tersebut diklaim mampu menyuguhkan pengalaman mendengarkan musik yang memuaskan.

Teknologi tersebut memanfaatkan Spatial Acoustic Conductor, memproyeksikan musik kebagian rongga dalam telinga, yaitu rongga di bagian tengah, guna memungkinkan suara latar terdengar. Dengan desain tersebut, tidak tersedia fitur noise cancellation tingkat tinggi, yang mungkin menjadi kekurangan bagi sejumlah pengguna.

Xperia Ear Duo berbekal chip Spritzser dan platform multi sensor untuk mengenali aktivitas dan secara aktif mengadaptasi lingkungan sekitar pengguna. Sebagai contoh, headphone dapat menyesuaikan level volume secara otomatis sesuai dengan level gangguan suara di sekitar dan lokasi pengguna.

Pengguna juga memiliki opsi untuk mengendalikan headphone dengan menggerakan kepala. Sebagai contoh anggukan atau gelengan untuk menerima atau menolak panggilan telepon, dan menggoyangkan kepala ke kiri atau kanan untuk melewati lagu.

Tersedia juga fitur pengendalian sentuh pada bagian di belakang telinga, bagi pengguna yang tidak menyukai metode pengendalian via gerakan tersebut. Selain itu, eaprhone ini juga dibekali dengan integrasi Siri dan Google Assistant untuk pengguna perangkat iOS dan Android.

Sebagai perangkat nirkabel, Xperia Ear Duo berbekal baterai yang diklaim mampu bertahan dan memainkan musik hingga empat jam dalam satu kali pengisian daya. Earphone ini juga didukung case pengisian daya, menyediakan tiga slot pengisian daya baterai tambahan.

Selain itu, earphone ini juga berbekal opsi fast-charge, mampu mengisi daya untuk penggunaan selama 2 jam dalam kurun waktu 12 menit.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.