NichePhone-S, Smartphone Super Kecil

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 08 Nov 2017 13:11 WIB
smartphone
NichePhone-S, Smartphone Super Kecil
Tampilan NichePhone-S. (FutureModel)

Metrotvnews.com: Kebanyakan perusahaan pembuat smartphone sekarang ini berusaha membuat produk buatannya menjadi semakin canggih. Sementara itu, ada perusahaan lain yang mencoba untuk menawarkan ponsel yang lebih simpel dengan harga yang lebih murah. 

FutureModel berencana meluncurkan ponsel yang dinamai NichePhone-S pada bulan ini. Ponsel itu akan tetap menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Namun, seperti yang disebutkan oleh The Verge, tidak banyak hal yang bisa Anda lakukan pada ponsel itu. Ia hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirimkan SMS dan mendengarkan musik.

Ponsel ini memiliki ukuran seperti kartu kredit dan terlihat seperti sebuah kalkulator. Engadget Japan melaporkan, ponsel ini akan tersedia di Jepang pada 10 November dan akan dijual dengan harga sekitar USD95 (Rp1,3 juta).



NichePhone-S disebutkan sudah menggunakan Android 4.2. Ia memiliki layar serupa jam digital dan masih belum jelas apakah ponsel tersebut memiliki antarmuka yang kompleks. Meskipun begitu, ponsel itu sudah bisa digunakan untuk merekam memo suara, memutar musik dan terhubung ke headset Bluetooth. 

Ponsel ini mirip dengan Light Phone, perangkat super minimalis lain yang diluncurkan pad bulan Juli lalu. Ponsel itu hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, tanpa SMS, Bluetooth atau aplikasi apapun. Satu hal yang pasti, ponsel-ponsel minimalis ini tidak akan menarik minat banyak orang. 

Di Indonesia, masih cukup banyak orang yang tertarik dengan feature phone. Hal ini terbukti dengan peluncuran Andromax Prime oleh Smartfren. Operator telekomunikasi tersebut bahkan sempat menjelaskan alasan mengapa orang masih tertarik dengan feature phone


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.