Aplikasi JURU Parkir Ingin Digitalisasi Bisnis Lahan Parkir

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 05 Dec 2017 22:26 WIB
teknologi
Aplikasi JURU Parkir Ingin Digitalisasi Bisnis Lahan Parkir
Perkenalan aplikasi JURU Parkir di Jakarta, 5 Desember 2017.

Jakarta: Meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia membuat lahan parkir semakin dibutuhkan. Kebutuhan lahan parkir mendatangkan sebuah bisnis, tapi kenyataannya banyak pelaku atau pengelola bisnis lahan parkir mengau masih merugi.

Penyebabnya adalah bisnis lahan parkir tidak terpantau dengan secara jelas dan baik pengelolaannya. Di lapangan, pendapatan dari bisnis ini rawan terjadi penyelewengan oleh petugas di lapangan. Akhirnya pendapatan yang diterima tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.

Melihat kondisi tersebut Teknologi Kode Indonesia menawarkan solusi berupa aplikasi bernama JURU Parkir yang bisa mendigitalisasi bisnis lahan parkir. Aplikasi yang dapat membantu pengelola lahan parkir baik swasta maupun pemerintah mengatasi retribusi parkir yang tidak sesuai dengan data di lapangan.



"Idenya sederhana, kami ingin penggunanya bisa memastikan laporan yang diterima sesaui dengan jumlah kendaraan yang menggunakan fasilitas lahan parkir. Jadi pendapatan yang diterima sesuai dan bisa terpantau lewat aplikasi JURU Parkir," tutur CEO JURU Parkir Abid.

Aplikasi JURU Parkir memanfaatkan layanan komputasi awan atau cloud sehingga setiap laporan transaksi secara real time langsung tercatat dan bisa dipantau langsung. Teknologi ini menggeser sistem pencatatan atau laporan konvensional.

Canggihnya lagi aplikasi JURU Parkir hadir dengan perangkat khusus berupa  Handheld Z2 untuk memudahkan petugas parkir mencatat plat nomor kendaraan serta menyimpan catatan di sistem cloud JURU Parkir. Dalam demonya, alat ini juga terintegrasi langsung dengan mesin pencetak struk transaksi.

Abid juga menuturkan bahwa teknologi JURU Parkir sudah mendukung pembayaran non tunai yakni menggunakan kartu khusus yang mereka sediakan. Berkolaborasi dengan PT Vertikal Akses Asia saat ini layanan JURU Parkir sudah hadir di 15 kota dan kabupaten di Indonesia.




(MMI)