Abaikan Domain, Google Mampu Tampilkan Hasil Pencarian Otomatis

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 29 Oct 2017 08:04 WIB
google
Abaikan Domain, Google Mampu Tampilkan Hasil Pencarian Otomatis
Google mengulirkan update untuk menampilkan hasil pencarian berbasis lokasi.

Metrotvnews.com: Google menggulirkan update untuk Aplikasi Google Mobile versi iOS, situs mobile dan versi desktop Google dan Maps, berisi perubahan kecil namun dinilai sebagai perubahan penting. Sebelumnya, hasil pencarian pada mesin Google akan berbasis kode negara yang dipilih.

Sebagai contoh, hasil pencarian dari Google.co.uk akan terfokus pada wilayah negara Inggris, dan menggunakan domain Google.ca akan menampilkan hasil pencarian dari wilayah Kanada. Namun update Google ini mengubah cara kerja mesin pencarian tersebut.

Kini, Google akan menampilkan hasil pencarian internasional pada lokasi pengguna melakukan pencarian. Sebagai contoh, pengguna yang melakukan pencarian menggunakan domain google.co.uk di New York, akan disuguhkan hasil terkait dengan New York.

Google mengungkap, 20 persen pencarian yang dilakukan masyarakat saat ini terkait dengan lokasi, menjadi alasan di balik tersediaan kemampuan tersebut. Karenanya, penting bagi Google untuk menghadirkan hasil pencarian berbasis lokasi pengguna.

Jika ingin menampilkan hasil pencarian tanpa terkait dengan lokasi pengguna saat melakukan pencarian, pengguna dapat mengubah pengaturan di menu Settings dan pilih negara yang diinginkan. Pilihan pengguna akan ditampilkan di bagian bawah halaman pencarian.

Update ini juga diklaim Google menjadi bentuk konsistensinya dalam mengelola layanan di sejumlah platform karynya, termasuk YouTube, Blogger, Google Eart dan Email. Google menyakini bahwa perubahan yang diusung update akan meningkatkan pengalaman pencarian pengguna, berkat ketersediaan informasi berbasis pertanyaan dan kontek lain, termasuk lokasi.


(MMI)