Situs Kencan Ini Jodohkan Pasangan Lewat Password

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 02 Mar 2018 16:45 WIB
teknologiaplikasi
Situs Kencan Ini Jodohkan Pasangan Lewat Password
Tampilan wajah dari situs wordsofheart.com.

Jakarta: Kata kunci atau password merupakan identitas penting untuk setiap layanan digital. Oleh sebab itu Anda kerap dianjurkan untuk membuat kata kunci yang yang tidak mudah ditebak atau hanya Anda yang mengetahuinya.

Namun, seperti yang diketahui, setiap tahun selalu ada kajian dari perusahaan keamanan yang menemukan masih banyak password yang pasaran atau umum digunakan. Berangkat dari hal ini pria bernama Krzysztof Zajc menciptakan situs kencan berdasarkan kesamaan kata kunci.

Situs yang diciptakan oleh Zajc diberi nama Words of Heart. Awalnya layanan ini sempat heboh dianggap netizen sebagai sebuah metode phishing atau penipuan yang dilakukan oleh penjahat siber.

"Ide hanya berawal dari lelucon saja namun saya membuatnya dengan cukup serius," ungkap Zajc dikutip The Next Web. Dia menuturkan layanan yang dia buat memang sempat membuat heboh jagat internet, bahkan banyak yang mengejek Words of Heart.

Beberapa waktu lalu, beberapa perusahaan keamanan menyebutkan bahwa kata kunci "123456" menjadi salah satu dari 10 besar kata kunci paling banyak digunakan. Apabila Anda memasukkannya di layanan Words of Heart maka Anda akan menemukan banyak sekali "calon pasangan" yang juga menggunakan kata kunci tersebut.

Zajc sendiri hal ini sangat rawan dianggap sebagai sebuah metode pishing, oleh sebab itu di halaman layanannya dia membuat peringatan untuk tidak memasukkan kata kunci sebenarnya terutama yang digunakan untuk akun email, Facebook, perbakan, dan akun penting lainnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.