Gandeng Microsoft, Semua Laptop ASUS Bakal Ditanam Windows 10

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 23 Nov 2017 18:14 WIB
microsoftasus
Gandeng Microsoft, Semua Laptop ASUS Bakal Ditanam Windows 10
Semua laptop ASUS nantinya bakal gunakan Windows 10 (MTVN/DANU)

Jakarta: ASUS Indonesia hari ini mengumumkan kerja sama dengan Microsoft.

Dalam kerja sama kali ini, semua produk laptop ASUS yang hadir mulai bulan ini hingga ke depannya sudah akan dilengkapi sistem operasi Windows 10 orisinil. Pihak ASUS mengatakan kerja sama kali ini bakal meningkatkan kulitas produk laptopnya.

"Kami percaya kerja sama kali ini bisa membuat level produk laptop ASUS meningkat," ujar Regional Director Southeast Asia untuk ASUS Benjamin Yeh.

"Windows 10 merupakan sistem operasi yang paling tepat untuk segala skenario penggunaan. Kolaborasi dengan ASUS kali ini membuat Windows 10 tampil lebih baik," ujar Microsoft General Manager Device and Sales Southeast Asia Vlasta Berka.

"Kolaborasi ini kami yakini juga akan meningkatkan pengalaman penggunaan konsumen ASUS di Indonesia."



Selama ini tidak semua laptop ASUS dibanderol dengan sistem operasi Windows 10. Beberapa lini terutama laptop kelas pemula kebanyakan masih tampil hanya dengan DOS atau sistem operasi lain seperti Endless OS.

Pihak ASUS mengatakan nantinya mereka tidak akan lagi menjual laptop tanpa OS, semuanya akan tampil dengan Windows 10 terpasang di dalamnya. Meski demikian, ASUS mengatakan kehadiran Windows 10 bakal membuat harga produknya naik namun tidak signifikan.

Untuk laptop kelas pemula, harganya dikatakan akan naik antara Rp50 ribu hingga Rp150 ribu. Versi Windows 10 yang dihadirkan juga akan berbeda sesuai dengan kelas produknya.



"Harga akan naik sedikit. Untuk kelas pemula bisa sampai Rp150 ribu," ujar Head of Public Relation ASUS Indonesia Muhammad Firman.

Jika dibandingkan dengan membeli Windows 10 orisinil secara terpisah, kenaikan harga tersebut tentu tergolong sangat murah. Sebagai informasi, harga Windows 10 Home di Indonesia dipatok sekitar Rp1,5 juta.


(MMI)

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu
Review Smartphone

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu

2 weeks Ago

Honor 10 menjadi smartphone flagship pertama Honor yang diboyong ke Indonesia.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.