Tidak Mau Terulang, Foxconn dan Apple Awasi Jam Kerja Pegawai Magang

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 24 Nov 2017 11:07 WIB
teknologi
Tidak Mau Terulang, Foxconn dan Apple Awasi Jam Kerja Pegawai Magang
CEO Apple, Tim Cook berbincang dengan pekerja di fasilitas perakitan iPhone milik Foxconn saat berkunjung beberapa waktu lalu.

Jakarta: Pihak Foxconn dan Apple angkat bicara soal fasilitas perakitan iPhone yang mempekerjakan pelajar usia 17 hingga 19 tahun, untuk merakit iPhone X melebih batas waktu yang ditentukan oleh pemerintah setempat.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, ada 3.000 pelajar dari sekolah transportasi Zhengzou Urban Rail Transit School yang harus magang oleh sekolahnya di fasilitas Foxconn selama 11 jam dalam sehari. Padahal, kegiatan tersebut juga tidak sesuai dengan pendidikan yang mereka ambil.

Setelah mengumumkan akan melakukan investigasi, kini pihak Apple dan Foxconn mengakui bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran dan termasuk dalam kegiatan ilegal. Namun, kedua pihak tidak menyebutkan siapa yang bersalah dari pihak Foxconn dan sekolah tersebut.

BBC News yang menghubungi pihak Apple, menyebutkan perusahaan warisan Steve Jobs tersebut menjamin tidak ada lagi pegawai magang yang akan bekerja melebih batas waktu yang ditentukan. 

Foxconn sebagai penyedia fasilitas perakitan iPhone juga menjelaskan hal yang sama. Pekerja magang juga tidak akan mendominasi tenaga kerja di fasilitas tersebut. Pekerja magang disebut hanya jumlah kecil dari tenaga kerja perakitan iPhone.

Apple berjanji akan lebih memperhatikan kondisi pekerja di setiap manufaktur penyedia suplai komponen iPhone. Mereka sadar bahwa proses manufaktur adalah proses yang tidak boleh terputus tapi para pekerja juga harus mendapatkan perlindungan atas haknya.

Kasus semacam ini bukan kali pertama bagi Apple. Beberapa waktu lalu salah satu penyuplai material logam kobalt untuk Apple di Afrika mempekerjakan anak-anak di bawah usia.

Beberapa pekerja Foxconn di tahun 2010 juga dikabarkan tewas karena bunuh diri yang diduga kuat akibat tekanan kerja dan jam kerja yang melebihi waktu kerja.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /