Orang Lebih Pilih Uber Ketimbang Ambulans untuk ke Rumah Sakit

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 17 Dec 2017 11:16 WIB
uber
Orang Lebih Pilih Uber Ketimbang Ambulans untuk ke Rumah Sakit
Layanan Uber dianggap lebih bisa diandalkan ketimbang ambulans oleh masyarakat di Amerika Serikat.

Jakarta: Dalam keadaan darurat, mobil ambulans dibutuhkan karena menyediakan tenaga dan perlengkapan medis memadai di dalamnya. Di Amerika Serikat. justru Uber lebih laku ketimbang mobil ambulans.

Berdasarkan riset yang dilakukan Profesor Ekonomi University of Kansas David Slusky dan Dokter di Scripps Mercy Hospital San Diego Dr.Leon Moskatel menemukan sejak kehadiran UberX, layanan mobil ambulans terus menurun.

Dikutip Mashable, sejak UberX  hadir di 800 kota pada 43 negara bagian Ameriksa Serikat jumlah penggunaan layanan mobil ambulans terus menurun drastis mulai di tahun 2013 hingga 2015. Penurunannya sebesar 7 persen di setiap kota.

Kedua peneliti tersebut menyebutkan bahwa faktor harga menjadi alasan utama Uber lebih diandalkan ketimbang mobil ambulans. Banyak masyarakat AS yang beranggapan bahwa harga jasa layanan mobil ambulans sangat melambung tinggi.

"Kebanyakan mereka yang membutuhkannya masih sempat memikirkan soal biaya yang harus mereka tanggung. Mereka akan sangat perhatian terhadap alokasi biaya untuk pengobatan kesehatan mereka terlebih dahulu," ungkap Slusky.

Slusky  mengatakan waktu tunggu juga menjadi alasan yang tidak kalah penting. Biasanya, untuk menggunakan layanan ambulans akan sangat bergantung pada volume ketersediaan armada di setiap rumah sakit.

Bayangkan jika Anda harus menunggu mobil ambulans dari lokasi rumah sakit yang agak jauh, semetara Anda hanya butuh dibawa ke rumah sakit terdekat. Oleh sebab itu, layanan Uber lebih diandalkan.

Perlu diingat bahwa setiap waktu setiap menit sangat berharga bagi pasien yang membutuhkan pertolongan. Di sisi lain, jaminan kesehatan yang semakin baik menurut Slusky juga berpengaruh terhadap ketersediaan ambulans.

Pihak Uber di Amerika Serikat menanggapi hal tersebut dengan santai dan bangga. Namun, mereka mengingatkan bahwa untuk kebutuhan tersebut jelas layanan tenaga dan perlengkapan medis yang disediakan mobil ambulans jauh lebih baik.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.