Patch Anyar Windows 10 Bikin Komputer Rusak

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 12 Oct 2017 15:36 WIB
microsoftwindows 10
Patch Anyar Windows 10 Bikin Komputer Rusak
Windows 10 kembali bermasalah

Metrotvnews.com: Windows 10 kembali bermasalah. Kali ini, masalah yang terjadi cukup serius dan memungkinkan PC tidak bisa masuk ke dalam sistem alias mengalami boot loop.

Menurut PC GAMER, hal tersebut terjadi akibat patch terbaru untuk Windows 10. Patch tersebut dikatakan akan membuat PC langsung mengalami error BSOD (Blue Screen of Death).

Isu ini juga sudah menjadi perbincangan banyak pengguna Windows 10, bahkan menjadi perbincangan utama di forum resmi Microsoft. Salah satu pengguna bahkan mengatakan jajaran komputer workstation yang dikelolanya mengalami masalah BSOD dan boot loop.

"Setelah memasang patch terbaru (KB4041676) di jajaran workstation yang saya kelola, semuanya mengalami BSOD dengan pesan error 1703. Salah satu pesan error juga mengatakan 'INACCESSIBLE BOOT DEVICE'. PC kemudian kembali melakukan booting tetapi tetap tidak akan masuk ke sistem Windows 10," tulis salah satu pengguna forum Microsoft.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Salah satu sumber permasalahan yang baru-baru ini diketahui adalah patch terbaru Windows 10 tersebut bermasalah dengan USB Type-C Connector System Software Interface (USCI), sehingga memicu BSOD dan boot loop. Hingga saat ini, Microsoft baru menyarankan penggunanya untuk mematikan sistem USCI pada BIOS agar PC bisa kembali menjalankan Windows 10.

"Tim Microsoft sedang berusaha untuk mengatasi permasalah ini dan akan merilis patch baru untuk mengatasinya," tulis Microsoft melalui pengumuman resminya.

Hingga saat ini, masih belum jelas mengapa masalah tersebut bisa terjadi karena ada beberapa pengguna yang juga mengalami masalah serupa, meski tidak menggunakan motherboard yang memiliki USB Type-C.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.