Patch Anyar Windows 10 Bikin Komputer Rusak

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 12 Oct 2017 15:36 WIB
microsoftwindows 10
Patch Anyar Windows 10 Bikin Komputer Rusak
Windows 10 kembali bermasalah

Metrotvnews.com: Windows 10 kembali bermasalah. Kali ini, masalah yang terjadi cukup serius dan memungkinkan PC tidak bisa masuk ke dalam sistem alias mengalami boot loop.

Menurut PC GAMER, hal tersebut terjadi akibat patch terbaru untuk Windows 10. Patch tersebut dikatakan akan membuat PC langsung mengalami error BSOD (Blue Screen of Death).

Isu ini juga sudah menjadi perbincangan banyak pengguna Windows 10, bahkan menjadi perbincangan utama di forum resmi Microsoft. Salah satu pengguna bahkan mengatakan jajaran komputer workstation yang dikelolanya mengalami masalah BSOD dan boot loop.

"Setelah memasang patch terbaru (KB4041676) di jajaran workstation yang saya kelola, semuanya mengalami BSOD dengan pesan error 1703. Salah satu pesan error juga mengatakan 'INACCESSIBLE BOOT DEVICE'. PC kemudian kembali melakukan booting tetapi tetap tidak akan masuk ke sistem Windows 10," tulis salah satu pengguna forum Microsoft.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Salah satu sumber permasalahan yang baru-baru ini diketahui adalah patch terbaru Windows 10 tersebut bermasalah dengan USB Type-C Connector System Software Interface (USCI), sehingga memicu BSOD dan boot loop. Hingga saat ini, Microsoft baru menyarankan penggunanya untuk mematikan sistem USCI pada BIOS agar PC bisa kembali menjalankan Windows 10.

"Tim Microsoft sedang berusaha untuk mengatasi permasalah ini dan akan merilis patch baru untuk mengatasinya," tulis Microsoft melalui pengumuman resminya.

Hingga saat ini, masih belum jelas mengapa masalah tersebut bisa terjadi karena ada beberapa pengguna yang juga mengalami masalah serupa, meski tidak menggunakan motherboard yang memiliki USB Type-C.


(MMI)

Video /