Tips & Trik

Ingin Lebih Konsentrasi Saat Kerja Pakai Windows 10? Ini Caranya

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 25 Dec 2017 11:39 WIB
microsofttips dan trik teknologi
Ingin Lebih Konsentrasi Saat Kerja Pakai Windows 10? Ini Caranya
Berikut langkah untuk meningkatkan produktivitas di perangkat Windows 10 .

Jakarta: Windows 10 menawarkan berbagai fitur berguna untuk mempermudah aktivitas komputasi Anda. Tidak berhenti di peluncuran pertama, Microsoft terus menggulirkan fitur baru di setiap perilisan update utama.

Sejumlah fitur yang bertujuan  membantu Anda untuk menjadi lebih produktif tersebut mungkin bukan fitur yang bermanfaat untuk pengguna lain. Bahkan, mungkin justru menjadi pengganggu konsentrasi Anda.

Windows 10 menawarkan kemampuan bagi penggunanya untuk menonaktifkan fitur yang dinilai kurang bermanfaat. Berikut sejumlah langkah untuk menonaktifkan fitur pada perangkat bersistem operasi Windows 10 tersebut.

1. Menonaktifkan Notifikasi
Untuk dapat menonaktifkan fitur notifikasi, klik kanan pada tombol Action Center di area notifikasi, dan pilih opsi Turn on quiet hours. Selain itu, Anda dapat menonaktifkannya via menu pengaturan atau Settings.

Anda dapat mengakses Settings > Personalization > Taskbar > Turn system icon on or off pada area Notification, kemudian nonaktifkan tuas Action Center. Setelahnya saat diperlukan, Anda dapat mengaksesnya melalui shortcut keyboard tombol Windows + A.





Sementara itu, untuk menonaktifkan secara keseluruhan, akses Settings > System > Notifications & actions, lalu pada menu Notification, nonaktifkan Get notifications for apps and other senders. Namun, Anda tetap dapat membuka Action Center.



2. Menonaktfikan Lencana Notifikasi
Pada Windows 10, lencana merupakan bentuk baru dari notifikasi berukuran ringan yang muncul pada bagian atas tombol aplikasi, setiap kali terdapat acara baru yang Anda lewatkan. Bermanfaat sebagai pengingat, fitur ini mungkin sedikit mengganggu konsentrasi Anda.



Untuk menonaktfikan lencana notifikasi, akses Settings > Personalizations > Taskbar, kemudian nonaktifkan Show Badges on taskbar buttons.

3. Menghilangkan Tanggal dan Waktu dari Taskbar
Tanggal dan waktu mungkin merupakan informasi penting, namun terkadang Anda akan menghabiskan lebih banyak perhatian terhadap waktu ketimbang mengerjakan pekerjaan Anda. Jika merasakan hal tersebut, Anda dapat menghilangkannya.



Untuk menghilangkannya, Anda perlu mengakses Settings > Personalization > Taskbar, kemudian klin Turn system icons on or off pada area Notifications. Setelahnya ubah tuas Clock ke posisi Off.

4. Menghentikan update Live Tile di menu Start
Live Tiles menu ditujukan untuk memberikan informasi sekilas dari berbagai hal tanpa perlu membuka aplikasi. Terkadang hal ini justru mengalihkan konsentrasi Anda dari pekerjaan yang harus dilakukan.



Untuk menghilangkannya, Anda perlu menghilangkan seluruh Live Tiles dari sisi kanan dengan mengklik kanan setiap ubin dan pilih Unpin from Start. Untuk menyimpan tanpa update, klik kanan di setiap ubin dan pilih More, kemudian klin Turn Live Tile off.

5. Menghilangkan Saran dari Start
Windows 10 juga dibekali kemampuan untuk menampilkan rekomendasi aplikasi tertentu di menu Start. Ini mengganggu Anda? Hilangkan dengan mengakses Settings > Personalization > Start, dan nonaktifkan Occasionally show suggestions in Start.



Sementara itu, untuk menghilangkan saran dari Windows 10, Anda dapat mengakses Settings > System > Notifications & actions, kemudian nonaktifkan Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows.

6. Menonaktifkan Taskbar Cortana
Cortana mungkin merupakan fitur bermanfaat, namun pada desktop, asisten virtual tersebut sering kali muncul dan menghilang secara tiba-tiba dan mengalihkan perhatian Anda untuk menggunakannya.



Untuk menonaktifkannya, Anda perlu mengakses Cortana, klik tombol roda gerigi pada bawa kiri, kemudian nonaktifkan Taskbar tidbits. Sementara itu, untuk menghilangkan kotak pencarian dari taskbar, klik kanan pada taskbar, kemudian pilih Cortana dan klik ikon Show Cortana.

Selamat mencoba!


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.