USearch, Peramban Internet Aman Buatan Anak Perusahaan Telkom

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 29 Dec 2017 18:26 WIB
teknologitelkomaplikasi
USearch, Peramban Internet Aman Buatan Anak Perusahaan Telkom
USearch, peramban internet buatan dalam negeri karya Metranet selaku anak perusahaan Telkom Indonesia.

Jakarta: Banyaknya konten negatif di internet berdampak buruk terhadap penggunanya, kebanyakan konten ini dengan mudah ditemukan saat mengakses internet lewat peramban internet.

Berdasarkan data wearesocial.org, tahun 2017 Indonesia memiliki 132,7 juta pengguna internet aktif, dan data Kementerian Kmunikasi dan Informatika Indonesia menyebutkan ada 774.000 situs pornografi yang ditemukan sekaligus diblokir sepanjang tahun 2016.

Melihat ancamannya yang begitu serius, Metranet, anak perusahaan Telkom Indonesia, hari ini resmi memperkenalkan peramban internet bernama USearch, yang diklaim aman dari konten-konten negatif. Secara otomatis aplikasi ini sudah memblokir situs dan halaman berkonten negatif.

“Saat ini, kami prihatin melihat banyakya konten-konten negatif di Internet yang sangat mudah diakses, khususnya oleh anak-anak," ungkap Chief Executive Officer Metranet Widi Nugroho.

"Oleh karena itu, kami menghadirkan USearch sebagai solusi berselancar aman karena mempunyai tingkat keamanan tinggi yang dapat melalukan pemblokiran berdasarkan keywords yang dicari bukan berdasarkan domain," imbuhnya.

Beberapa fitur yang tersedia di USearch yaitu, fast filtered and personalizing browsing. Jadi aplikasi ini menyediakan kemampuan filterisasi dan personalisasi.

Fitur lainnya yaitu specific blocking atau pemblokiran yang didasari oleh kata kunci yang dicari, bukan domain. Selain itu juga tersedia report button untuk melaporkan konten negatif yang ditemukan.

“Rencana ke depan, kami akan bekerjasama dengan Pemerintah khususnya Kominfo dan Kementerian Pendidikan Dasar agar USearch dapat digunakan disekolah-sekolah," jelas Widi. Dia juga mendorong masyarakat untuk aktif melaporkan konten negatif yang ditemukan lewat USearch.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.