Di Masa Depan, Sensor Mungkin Bisa Tertanam di Pakaian

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 16 Mar 2017 09:22 WIB
teknologi
Di Masa Depan, Sensor Mungkin Bisa Tertanam di Pakaian
Ilustrasi. (Empa)

Metrotvnews.com: Di masa depan, Anda mungkin tidak lagi perlu menggunakan smartwatch atau monitor untuk melacak detak jantung Anda. Bisa jadi, pakaian yang Anda kenakan sudah bisa melacak detak jantung Anda.

Para peneliti tengah mengembangkan serat optik polymer yang cukup fleksibel untuk dibuat menjadi pakaian, memungkinkan sensor ditanamkan di bagian pakaian yang menyentuh kulit.

Menariknya, seperti yang disebutkan oleh Engadget, bahan ini juga bisa dicuci dengan mesin cuci. Secara teori, Anda bisa menggunakan pakaian atau topi yang bisa melacak detak jantung Anda, dan memasukkannya ke mesin cuci ketika ia sudah kotor.

Bahan ini dibuat dengan cara melelehkan dua jenis polymer dan memintalnya. Salah satu polymer tersebut berfungsi untuk mengirimkan data berbasis cahaya sementara satu polymer lainnya akan berfungsi sebagai pelapis.

Melakukan ini bukanlah hal yang mudah, kata para peneliti kepada Popular Science. Biasanya, Anda tidak bisa melelehkan dan memintal serat optik. Untungnya, teknik yang digunakan ini dapat memproduksi bahan dalam jumlah banyak.

Sekarang, para peneliti ingin menyuplai bahan ini untuk rumah sakit, yang bisa memanfaatkan pakaian dengan sensor untuk memonitor tanda vital pasien tanpa harus khawatir sang pasien akan mengalami nyeri, seperti yang terjadi saat mereka menggunakan sensor konvensional.

Hal ini dapat meminimalisir kemungkinkan pasien terkena penyakit lain atau memperparah keadaan mereka.

Namun, para peneliti berharap, mereka dapat memanfaatkan teknologi serat fleksibel untuk melacak oksigen, tekanan dan data-data penting lainnya. Kemungkinan besar, teknologi ini akan digunakan di bidang lain selain industri kesehatan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.