Di Masa Depan, Sensor Mungkin Bisa Tertanam di Pakaian

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 16 Mar 2017 09:22 WIB
teknologi
Di Masa Depan, Sensor Mungkin Bisa Tertanam di Pakaian
Ilustrasi. (Empa)

Metrotvnews.com: Di masa depan, Anda mungkin tidak lagi perlu menggunakan smartwatch atau monitor untuk melacak detak jantung Anda. Bisa jadi, pakaian yang Anda kenakan sudah bisa melacak detak jantung Anda.

Para peneliti tengah mengembangkan serat optik polymer yang cukup fleksibel untuk dibuat menjadi pakaian, memungkinkan sensor ditanamkan di bagian pakaian yang menyentuh kulit.

Menariknya, seperti yang disebutkan oleh Engadget, bahan ini juga bisa dicuci dengan mesin cuci. Secara teori, Anda bisa menggunakan pakaian atau topi yang bisa melacak detak jantung Anda, dan memasukkannya ke mesin cuci ketika ia sudah kotor.

Bahan ini dibuat dengan cara melelehkan dua jenis polymer dan memintalnya. Salah satu polymer tersebut berfungsi untuk mengirimkan data berbasis cahaya sementara satu polymer lainnya akan berfungsi sebagai pelapis.

Melakukan ini bukanlah hal yang mudah, kata para peneliti kepada Popular Science. Biasanya, Anda tidak bisa melelehkan dan memintal serat optik. Untungnya, teknik yang digunakan ini dapat memproduksi bahan dalam jumlah banyak.

Sekarang, para peneliti ingin menyuplai bahan ini untuk rumah sakit, yang bisa memanfaatkan pakaian dengan sensor untuk memonitor tanda vital pasien tanpa harus khawatir sang pasien akan mengalami nyeri, seperti yang terjadi saat mereka menggunakan sensor konvensional.

Hal ini dapat meminimalisir kemungkinkan pasien terkena penyakit lain atau memperparah keadaan mereka.

Namun, para peneliti berharap, mereka dapat memanfaatkan teknologi serat fleksibel untuk melacak oksigen, tekanan dan data-data penting lainnya. Kemungkinan besar, teknologi ini akan digunakan di bidang lain selain industri kesehatan.


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

10 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /