Sekar, Aplikasi Transparansi RS Karya Anak Kendari

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 17 Nov 2016 17:22 WIB
aplikasi
Sekar, Aplikasi Transparansi RS Karya Anak Kendari
ANTARA FOTO/Fadlansyah/kye/15.

Metrotvnews.com, Jakarta: Geliat perkembangan ranah teknologi kini tidak hanya dirasakan di kota besar di Indonesia, tapi juga di sejumlah kota lain. Perkembangan teknologi di Indonesia ini ditandai oleh kemunculan berbagai aplikasi karya anak negeri, yang bertujuan menyelesaikan masalah tertentu.

Salah satu aplikasi yang muncul sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar adalah Sekar. Aplikasi karya sekelompok pengembang dari Kendari, Sulawesi Tenggara ini ditujukan untuk mempermudah pasien dalam mendapatkan kamar rawat inap di rumah sakit setempat.

"Pembuatan aplikasi ini dilandasi karena berkurangnya kepercayaan masyarakat Kendari kepada rumah sakit sekitar, terutama ketersediaan kamar. Sedikitnya, karena keterlambatan penanganan sistem, karena alasan kamar penuh lah, atau kondisi kamar rusak dan terabaikan," ujar salah satu anggota pengembang aplikasi Sekar, Thalib.

Menurut Thalib dan tim, berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit di kota mereka adalah karena transparansi terkait ketersediaan kamar yang kurang baik. Pasien sering kali mengeluh ditinggalkan oleh pihak rumah sakit di ruang ICU dalam jangka waktu lama, dengan dalih kamar belum tersedia.

Padahal, jelas Thalib, di rumah sakit tersebut tersedia banyak kamar kosong tapi tidak diketahui oleh pasien. Banyaknya keluhan tersebut mendorong Thalib dan tim untuk mengembangkan aplikasi Sekar. Melalui aplikasi ini, pasien disuguhkan dengan kemudahan pemesanan kamar, yang dapat dilakukan via situs.

Selain dapat memesan kamar secara langsung, pasien juga dapat mengetahui jenis kamar yang tersedia di rumah sakit. Setelah melakukan pemesanan, pasien diharuskan untuk melakukan konfirmasi. Thalib juga mengungkap, hingga saat ini, aplikasi Sekar baru dimanfaatkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Aplikasi Sekar ini diklaim Thalib mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan pasien, yang mengaku sangat puas setelah memanfaatkan aplikasi ini. Selain pasien, Sekar juga diklaim mendapatkan tanggapan positif dari pihak rumah sakit dan pemerintah kota Kendari. Hal ini terlihat kehadiran Walikota Kendari, Asrun saat peluncuran aplikasi Sekar.

Thalib dan rekan berharap aplikasi buatan mereka dapat dimanfaatkan oleh seluruh rumah sakit di kota Kendari, dan dapat membantu memperbaiki transparansi terkait ketersediaan kamar di rumah sakit. Transparansi tersebut juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kematian yang disebabkan oleh keterlambatan dalam menangani pasien karena persoalan ketersediaan kamar rawat inap.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.