Sekar, Aplikasi Transparansi RS Karya Anak Kendari

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 17 Nov 2016 17:22 WIB
aplikasi
Sekar, Aplikasi Transparansi RS Karya Anak Kendari
ANTARA FOTO/Fadlansyah/kye/15.

Metrotvnews.com, Jakarta: Geliat perkembangan ranah teknologi kini tidak hanya dirasakan di kota besar di Indonesia, tapi juga di sejumlah kota lain. Perkembangan teknologi di Indonesia ini ditandai oleh kemunculan berbagai aplikasi karya anak negeri, yang bertujuan menyelesaikan masalah tertentu.

Salah satu aplikasi yang muncul sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar adalah Sekar. Aplikasi karya sekelompok pengembang dari Kendari, Sulawesi Tenggara ini ditujukan untuk mempermudah pasien dalam mendapatkan kamar rawat inap di rumah sakit setempat.

"Pembuatan aplikasi ini dilandasi karena berkurangnya kepercayaan masyarakat Kendari kepada rumah sakit sekitar, terutama ketersediaan kamar. Sedikitnya, karena keterlambatan penanganan sistem, karena alasan kamar penuh lah, atau kondisi kamar rusak dan terabaikan," ujar salah satu anggota pengembang aplikasi Sekar, Thalib.

Menurut Thalib dan tim, berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit di kota mereka adalah karena transparansi terkait ketersediaan kamar yang kurang baik. Pasien sering kali mengeluh ditinggalkan oleh pihak rumah sakit di ruang ICU dalam jangka waktu lama, dengan dalih kamar belum tersedia.

Padahal, jelas Thalib, di rumah sakit tersebut tersedia banyak kamar kosong tapi tidak diketahui oleh pasien. Banyaknya keluhan tersebut mendorong Thalib dan tim untuk mengembangkan aplikasi Sekar. Melalui aplikasi ini, pasien disuguhkan dengan kemudahan pemesanan kamar, yang dapat dilakukan via situs.

Selain dapat memesan kamar secara langsung, pasien juga dapat mengetahui jenis kamar yang tersedia di rumah sakit. Setelah melakukan pemesanan, pasien diharuskan untuk melakukan konfirmasi. Thalib juga mengungkap, hingga saat ini, aplikasi Sekar baru dimanfaatkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Aplikasi Sekar ini diklaim Thalib mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan pasien, yang mengaku sangat puas setelah memanfaatkan aplikasi ini. Selain pasien, Sekar juga diklaim mendapatkan tanggapan positif dari pihak rumah sakit dan pemerintah kota Kendari. Hal ini terlihat kehadiran Walikota Kendari, Asrun saat peluncuran aplikasi Sekar.

Thalib dan rekan berharap aplikasi buatan mereka dapat dimanfaatkan oleh seluruh rumah sakit di kota Kendari, dan dapat membantu memperbaiki transparansi terkait ketersediaan kamar di rumah sakit. Transparansi tersebut juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kematian yang disebabkan oleh keterlambatan dalam menangani pasien karena persoalan ketersediaan kamar rawat inap.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /