Polisi Tangkap 3 Orang Terkait Peretasan Jaringan Operator Tri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 19 Nov 2016 08:54 WIB
telekomunikasicyber security
Polisi Tangkap 3 Orang Terkait Peretasan Jaringan Operator Tri
Operator Three di Inggris memiliki 9 juta pengguna.

Metrotvnews.com: Polisi telah menangkap 3 orang terkait peretasan data dari jaringan mobile Hutchinson 3 di Inggris.

Perusahaan telekomunikasi tersebut menyebutkan, penyerang berhasil mengakses informasi pengguna, termasuk nama dan alamat, dengan masuk ke dalam database yang berisi pelanggan-pelanggan yang mengganti ponselnya.

Menurut BBC, Tri berkata, peretasan terhadap jaringan memungkinkan penyerang untuk mencegat data yang dikirimkan dari ponsel baru. Pada hari Rabu, NCA (National Crime Agency) berkata, mereka telah menangkap 2 orang dari Manchester dan satu orang dari Kent sebagai bagian dari investigasinya.

Seorang pria berumur 48 tahun dari Kent dan seorang pria berumur 39 tahun dari Greater Manchester ditangkap atas tuduhan penyalahgunaan komputer, kata NCA. Orang ketiga, seorang laki-laki berumur 35 tahun dari Greater Manchester, ditangkap atas usaha untuk menyesatkan penyelidikan.

Ketiga orang itu dibebaskan setelah membayar uang jaminan, dan investigasi masih diteruskan, kata juru bicara NCA.

Three atau Tri, yang memiliki 9 juta pengguna di Inggris, saat ini tengah menyelidiki berapa banyak akun yang berhasil diakses para penyerang. Untungnya, database yang berhasil diakses tersebut tidak mengandung data pembayaran, informasi bank atau kartu kredit/debit pengguna.

"Selama 4 minggu terakhir, Three melihat meningkatnya usaha penipuan ponsel. Kami sedang bekerja sama dengan polisi dan badan terkait lainnya," ujar juru bicara Three. 

Lebih lanjut dia berkata, "Hingga saat ini, kami telah mengonfirmasikan adanya 400 ponsel bernilai tinggi yang telah dicuri melalui perampokan dan 8 perangkat yang didapatkan dengan ilegal melalui proses pergantian ponsel."


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /