Polisi Tangkap 3 Orang Terkait Peretasan Jaringan Operator Tri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 19 Nov 2016 08:54 WIB
telekomunikasicyber security
Polisi Tangkap 3 Orang Terkait Peretasan Jaringan Operator Tri
Operator Three di Inggris memiliki 9 juta pengguna.

Metrotvnews.com: Polisi telah menangkap 3 orang terkait peretasan data dari jaringan mobile Hutchinson 3 di Inggris.

Perusahaan telekomunikasi tersebut menyebutkan, penyerang berhasil mengakses informasi pengguna, termasuk nama dan alamat, dengan masuk ke dalam database yang berisi pelanggan-pelanggan yang mengganti ponselnya.

Menurut BBC, Tri berkata, peretasan terhadap jaringan memungkinkan penyerang untuk mencegat data yang dikirimkan dari ponsel baru. Pada hari Rabu, NCA (National Crime Agency) berkata, mereka telah menangkap 2 orang dari Manchester dan satu orang dari Kent sebagai bagian dari investigasinya.

Seorang pria berumur 48 tahun dari Kent dan seorang pria berumur 39 tahun dari Greater Manchester ditangkap atas tuduhan penyalahgunaan komputer, kata NCA. Orang ketiga, seorang laki-laki berumur 35 tahun dari Greater Manchester, ditangkap atas usaha untuk menyesatkan penyelidikan.

Ketiga orang itu dibebaskan setelah membayar uang jaminan, dan investigasi masih diteruskan, kata juru bicara NCA.

Three atau Tri, yang memiliki 9 juta pengguna di Inggris, saat ini tengah menyelidiki berapa banyak akun yang berhasil diakses para penyerang. Untungnya, database yang berhasil diakses tersebut tidak mengandung data pembayaran, informasi bank atau kartu kredit/debit pengguna.

"Selama 4 minggu terakhir, Three melihat meningkatnya usaha penipuan ponsel. Kami sedang bekerja sama dengan polisi dan badan terkait lainnya," ujar juru bicara Three. 

Lebih lanjut dia berkata, "Hingga saat ini, kami telah mengonfirmasikan adanya 400 ponsel bernilai tinggi yang telah dicuri melalui perampokan dan 8 perangkat yang didapatkan dengan ilegal melalui proses pergantian ponsel."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.