Kamera Depan Galaxy S8 Punya Fitur Autofocus?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:36 WIB
samsung
Kamera Depan Galaxy S8 Punya Fitur Autofocus?
Samsung diperkirakan akan menambahkan fitur autofocus pada kamera depan Galaxy S8. (AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)

Metrotvnews.com: Samsung Galaxy S8 dikabarkan akan memiliki kamera depan yang dilengkapi dengan fitur autofocus, menurut berbagai sumber. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas selfie yang dihasilkan.

Biasanya, kamera depan sebuah smartphone memiliki fokus tetap karena kegunaannya yang memang tidak terlalu banyak. Namun, meningkatnya popularitas selfie mendorong para pembuat smartphone untuk menggunakan modul kamera yang lebih baik pada kamera depan smartphone.

Media asal Korea Selatan, ET News melaporkan, Samsung akan menggunakan aktuator AF untuk kamera depan Galaxy S8. Hardware ini berfungsi untuk menyesuaikan lensa untuk memastikan gambar yang diambil tidak kehilangan fokus. Dengan begitu, foto selfie bersama yang diambil menggunakan tongsis akan tetap memiliki fokus yang tajam.

Seperti yang disebutkan oleh SlashGear, sebagian besar pembuat smartphone menggunakan kamera depan dengan fokus tetap karena fungsinya yang terbatas. Selain itu, hal ini juga dilakukan vendor untuk memastikan ukuran ponsel tidak menjadi terlalu besar.

Fokus kamera tetap tidak hanya membutuhkan ruang yang lebih sedikit, tapi juga menghemat biaya. Namun, fitur autofocus pada kamera depan memang dapat menjadi fitur yang menarik, terutama jika ia dipasangkan pada smartphone premium seperti Galaxy S8.

Samsung dikabarkan hendak menambahkan fitur ini sehingga kamera depan ponsel dapat digunakan untuk mengambil foto dengan jarak yang lebih jauh dari panjang lengan. Penggunaan aktuator AF dapat menambahkan fitur autofocus tanpa membuat kamera menjadi terlalu tebal, sehingga kamera depan tidak tampil menonjol layaknya kamera belakang. Meskipun begitu, penggunaan teknologi ini dapat membuat harga sebuah ponsel menjadi naik.

Jika Samsung memang menambahkan fitur autofocus pada kamera depan, Galaxy S8 tetap bukanlah smartphone pertama yang memiliki fitur tersebut. Salah satu ponsel yang telah memiliki fitur ini adalah Sony Xperia M5, yang memiliki sensor 13MP Exmor RS autofocus.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /