Eropa Siapkan Penerus Stasiun Luar Angkasa ISS

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 21 Nov 2016 16:19 WIB
antariksa
Eropa Siapkan Penerus Stasiun Luar Angkasa ISS
ISS akan dipensiunkan pada tahun 2024 mendatang (foto: ESA)

Metrotvnews.com: Agensi luar angkasa Eropa (ESA) berencana membangun stasiun luar angaksa baru yang berada di antara Bumi dan Bulan.

Stasiun luar angkasa tersebut akan menjadi basis manusia untuk menjelajah luar angkasa, termasuk Bulan dan planet lainnya. Menariknya, ESA mengklaim stasiun luar angksa baru ini akan siap dalam waktu 10 tahun ke depan.

Menurut Futurism, stasiun luar angksa yang akan dibangun oleh ESA ini merupakan versi yang lebih baik dari stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang kini merupakan basis terbesar manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa ESA ini juga diklaim akan menjadi pengganti ISS yang akan pensiun pada tahun 2024, setelah selama 25 tahun beroperasi.

"Stasiun luar angkasa ini bisa hadir dalam 10 tahun mendatang," ujar Director of Human Spaceflight and Robotic Exploration, ESA, David Parker.

"Setelah 25 tahun beroperasi, ISS harus pensiun dan kita harus memiliki penggantinya agar tetap bisa menjelajahi luar angkasa. Posisi antara Bumi dan Bulan kami rasa merupakan lokasi yang tepat untuk stasiun luar angkasa baru ini."

Parker menambahkan, posisi antara Bumi dan Bulan memang 1000 kali lebih jauh dari posisi ISS saat ini. Namun di lokasi tersebut manusia bisa melakukan berbagai eksperimen baru serta mempermudah manusia untuk melakukan penjelajahan ke Bulan.

Saat ini, ESA akan melakukan konferensi untuk rencana pembuatan stasiun luar angkasa ini pada akhir tahun di kota Lucerne, Swiss.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.