Eropa Siapkan Penerus Stasiun Luar Angkasa ISS

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 21 Nov 2016 16:19 WIB
antariksa
Eropa Siapkan Penerus Stasiun Luar Angkasa ISS
ISS akan dipensiunkan pada tahun 2024 mendatang (foto: ESA)

Metrotvnews.com: Agensi luar angkasa Eropa (ESA) berencana membangun stasiun luar angaksa baru yang berada di antara Bumi dan Bulan.

Stasiun luar angkasa tersebut akan menjadi basis manusia untuk menjelajah luar angkasa, termasuk Bulan dan planet lainnya. Menariknya, ESA mengklaim stasiun luar angksa baru ini akan siap dalam waktu 10 tahun ke depan.

Menurut Futurism, stasiun luar angksa yang akan dibangun oleh ESA ini merupakan versi yang lebih baik dari stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang kini merupakan basis terbesar manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa ESA ini juga diklaim akan menjadi pengganti ISS yang akan pensiun pada tahun 2024, setelah selama 25 tahun beroperasi.

"Stasiun luar angkasa ini bisa hadir dalam 10 tahun mendatang," ujar Director of Human Spaceflight and Robotic Exploration, ESA, David Parker.

"Setelah 25 tahun beroperasi, ISS harus pensiun dan kita harus memiliki penggantinya agar tetap bisa menjelajahi luar angkasa. Posisi antara Bumi dan Bulan kami rasa merupakan lokasi yang tepat untuk stasiun luar angkasa baru ini."

Parker menambahkan, posisi antara Bumi dan Bulan memang 1000 kali lebih jauh dari posisi ISS saat ini. Namun di lokasi tersebut manusia bisa melakukan berbagai eksperimen baru serta mempermudah manusia untuk melakukan penjelajahan ke Bulan.

Saat ini, ESA akan melakukan konferensi untuk rencana pembuatan stasiun luar angkasa ini pada akhir tahun di kota Lucerne, Swiss.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /