Qualcomm 205 Tawarkan Konektivitas 4G ke Feature Phone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 20 Mar 2017 18:46 WIB
qualcomm
Qualcomm 205 Tawarkan Konektivitas 4G ke Feature Phone
Qualcomm 205 ditujukan untuk feature phone. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com: Meskipun pengguna smartphone di Indonesia terus bertambah, masih banyak juga orang yang menggunakan feature phone. Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang warganya masih banyak yang menggunakan feature phone. Hal yang sama terjadi di negara-negara berkembang lainnya.

Menyadari hal ini, Qualcomm Technologies, anak dari Qualcomm Incorporated, meluncurkan platform mobile baru, Qualcomm 205. Qualcomm menjelaskan, platform ini memang didesain sedemikian rupa untuk menawarkan konektivitas 4G LTE pada feature phone.

Dengan begitu, feature phone sekalipun sudah dapat mengakses jaringan 4G selain jaringan 3G dan tentu saja 2G. Berbekal dengan modem LTE Cat 4, Qualcomm 205 menawarkan kecepatan unduh hingga 150 Mbps dan kecepatan unggah hingga 50 Mbps.

Selain dukungan untuk jaringan 4G, Qualcomm juga melengkapi platform entry level yang satu ini dengan CPU Dual Core 1,1GHz, GPU Qualcomm Adreno dan dukungan untuk kamera belakang 3MP dan kamera depan 0,3MP. Ia juga sudah mendukung layar VGA 480p.

Qualcomm 205

"Qualcomm Technologies berkomitmen untuk membantu migrasi pengguna dan jaringan dari 2G, 2,5G dan 3G ke 4G," ujar Kedar Kondap, Wakil Presiden, Manajemen Produk, Qualcomm Technologies, Inc.

"Feature phone adalah kebutuhan utama di banyak negara berkembang dan platform mobile Qualcomm 205 memungkinkan kita untuk membawa konektivitas dan laynan 4G melalui perangkat yang harganya terjangkau."

Tujuan utama Qualcomm meluncurkan Qualcomm 205 adalah untuk membantu penetrasi 4G ke negara-negara yang berkembang, seperti di India dan Asia Tenggara. Selain itu, diharapkan, keberadaan 4G akan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya pelaku usaha mikro. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.