MSI Pamer VGA GeForce GTX 1080 Ti Gaming X

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 20 Mar 2017 15:45 WIB
msi
MSI Pamer VGA GeForce GTX 1080 Ti Gaming X
MSI GeForce GTX 1080 Ti Gaming X (TechPowerUp)

Metrotvnews.com: MSI memperkenalkan kartu grafis GTX 1080 Ti terbarunya. Kartu grafis yang diberi nama MSI GeForce GTX 1080 Ti Gaming X ini akan tampil dengan bodi yang cukup besar.

Ia dikatakan memakan slot PCIe hingga 2,5 slot. Besarnya bodi kartu grafis ini dikarenakan memakai sistem pendingin khusus, TwinFrozr VI. 

Sistem pendingin TwinFrozr VI yang akan mendampingi MSI GeForce GTX 1080 Ti Gaming X memang berbeda dengan sistem pendingin sebelumnya. Pihak MSI mengatakan mereka ingin menghadirkan kartu grafis GTX 1080 Ti yang paling dingin dan paling senyap.

Dengan demikian, heatsink pada kartu grafis ini harus diperbesar agar panas bisa disebarkan secara lebih efektif tanpa harus membuat kipas berputar kencang.



Menurut TechPowerUp, pihak MSI juga mengklaim sistem pendingin baru ini dapat beroperasi dengan suara yang minim, namun berhasil menghadirkan suhu GPU jauh di bawah 82 derajat Celcius yang merupakan batas operasional normal.

Sebagai pelengkapnya, MSI juga menyisipkan fitur RGB LED di bagian pinggir kartu grafis ini beserta logo khas MSI Gaming.

Selain memiliki sistem pendingin yang lebih baik, MSI GeForce GTX 1080 Ti Gaming X juga dikatakn memiliki komponen yang kuat. Kartu grafis ini dilengkapi dengan VRM khusus yang mampu menarik daya secara optimal melalui konektor power 8-pin.

Meski belum disebutkan tanggal rilisnya, MSI GeForce GTX 1080 Ti Gaming X diperkirakan akan muncul di pasar pada pertengahan bulan April mendatang.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.