Demi Baterai Awet, Apple Batasi RAM MacBook Pro

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 Nov 2016 17:32 WIB
applemacbook
Demi Baterai Awet, Apple Batasi RAM MacBook Pro
Apple MacBook Pro. (CNET / Josh Miller)

Metrotvnews.com: Apple baru saja memamerkan MacBook Pro dengan segudang fitur barunya. Perusahaan asal Cupertino ini bahkan menggandeng LG untuk menunjukkan monitor 5K sebagai pendamping MacBook Pro miliknya.

Namun, satu hal yang membuat orang kecewa dan bertanya-tanya adalah karena Apple hanya menyediakan MacBook Pro dengan RAM 16GB. Apple lalu menjelaskan mengapa mereka memutuskan untuk membatasi RAM MacBook Pro menjadi 16GB.

MacRumors melaporkan, salah satu pembacanya mengirim email kepada Apple, menanyakan keputusan mereka untuk tidak memberikan opsi RAM lebih dari 16GB.

Dalam surat itu tertulis, "Ketiadaan opsi 32GB untuk MacBook Pro membuat sebagian orang heran dan bingung (saya salah satunya). Apakah bandwidth 3GBps pada SSD membuat hal ini menjadi tidak masalah? Misalnya, memory paging pada sistem 16GB sudah begitu cepat sehingga RAM 32GB bukanlah sesuatu yang signifikan?"

Menariknya, orang yang menjawab pertanyaan itu adalah SVP of Worldwide Marketing, Apple, Phil Schiller sendiri. Dia berkata, "Terima kasih untuk email Anda. Itu adalah pertanyaan yang bagus. Menggunakan RAM lebih dari 16GB sekarang ini akan membutuhkan sistem memori yang memakan daya jauh lebih banyak dan tidak akan efisien untuk sebuah laptop."

Menurut The Verge, Schiller tidak menjawab pertanyaan apakah tambahan bandwidth pada SSD berarti besar RAM tidak lagi perlu ditambahkan. Namun, jawaban Schiller menunjukkan bahwa RAM yang lebih besar akan mengonsumsi lebih banyak data. Selama ini, Apple memang dikenal memprioritaskan keawetan baterai pada lini laptop mereka.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.