DOKU Gandeng DimoPay Tanam Sistem Pembayaran via QR

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 12 Oct 2016 12:37 WIB
teknologi
DOKU Gandeng DimoPay Tanam Sistem Pembayaran via QR
Pengumuman kerja sama DOKU dan DimoPay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Layanan dompet digital DOKU hari ini mengumumkan kerja sama dengan DimoPay untuk penerapan sistem pembayaran menggunakan QR Code, di Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2016).
 
"Solusi pembayaran melalui pemindaian kode QR ini merupakan alternatif pembayaran baru yang lebih efisien, efektif, dan aman untuk masyarakat Indonesia," kata CMO DOKU, Himelda Renuat.
 
Sesuai dengan namanya, penerapan QR Code memungkinkan konsumen atau pengguna layanan dompet DOKU bertransaksi di toko hanya dengan memindai kode QR, selama toko sudah mendukung PayByQR. Pemindaian kode QR ini terpasang di aplikasi DOKU. Selain untuk membeli produk, PayByQR juga bisa dipakai untuk transfer antar akun DOKU.
 
Menurut pihak DOKU, kerja sama dengan Dimo ini sejalan dengan program Geralan Nasional Non Tunai dari pemerintah. Mengacu pada laporan Ericsson Mobility Report, penetrasi smartphone akan meningkat menjadi 98 persen hingga tahun 2021. Selain itu, di akhir tahun 2015, transaksi melalui DOKU telah mencapai Rp8,5 triliun. Melihat ini, DOKU optimistis sistem pembayaran via kode QR juga akan meningkat.
 
Sistem pembayaran dengan kode QR ini sebenarnya adalah teknologi yang umum untuk pembayaran digital. Secara kemampuan, DOKU bisa menciptakannya sendiri, tetapi mereka memutuskan untuk menggandeng Dimo. Menurut pihak DOKU, langkah ini dinilai jauh lebih strategis.

"Dengan menggandeng Dimo, kami mendapatkan kerja sama dengan merchant yang jauh lebih banyak. Mereka sudah menjalin kerja sama dengan Dimo terlebih dahulu," kata Senior VP Public Relations & Marketing DOKU, Yolanda Nainggolan.
 
Sebagai informasi, DOKU sebelumnya menyasar segmen korporasi dengan model bisnis model B2B. Dengan nilai transaksi yang sudah dicapai, DOKU menargetkan pertumbuhan 30-40 persen setiap tahunnya
(MMI)