Huawei Kembangkan Prosesor Kirin 970 dengan 10 nm?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 24 Nov 2016 11:13 WIB
huawei
Huawei Kembangkan Prosesor Kirin 970 dengan 10 nm?
Huawei dikabarkan mengembangkan chipset prosesor terbaru, Kirin 970, menggunakan proses 10nm.

Metrotvnews.com: Huawei dikabarkan tengah mengembangkan prosesor generasi selanjutnya dari Kirin 960. Prosesor tersebut akan mengusung nama Kirin 970, dan menawarkan performa yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Prosesor terbaru tersebut akan diproduksi menggunakan proses 10 nm, dan mendukung jaringan konektivitas LTE global. Hal ini berbeda dari Kirin 960, diproduksi dengan menggunakan proses FinFET 16nm, serupa dengan pendahulunya, yaitu Kirin 950.

Menurut Phone Arena, keputusan Huawei untuk mengubah penggunaan proses 10 nm untuk prosesor terbarunya didorong oleh pengumaman yang dilakukan oleh Qualcomm dan Samsung. Kedua raksasa teknologi tersebut sebelumnya mengumumkan menggunakan proses 10 nm, yaitu Snapdragon 835 dan Exynos 8895.

Proses 10 nm tersebut diakui Samsung akan mampu memuat 30 persen lebih banyak transistor, jika dibandingkan dengan kemampuan yang dihadirkan oleh 14nm yang saat ini digunakan. Selain Samsung dan Qualcomm, MediaTek juga dilaporkan tengah mengembangkan prosesor Helio X30 dengan menggunakan proses yang sama.

Prosesor MediaTek ini akan diperkenalkan pada kuartal pertama tahun depan, bersamaan dengan Samsung dan Qualcomm. Sementara itu, hingga saat ini belum tersedia informasi terkait waktu peluncurannya.

Sejumlah informasi yang beredar menyebut, prosesor ini tersemat di dalam perangkat unggulan Huawei yang meluncur pada tahun 2017, dan meluncur bersamaan dengan prosesor karya Samsung, Qualcomm dan MediaTek, untuk meramaikan persaingan.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /