iPhone 7 Anti Air, Tapi Tidak Garansi

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 09 Sep 2016 14:00 WIB
appleiphone 7
iPhone 7 Anti Air, Tapi Tidak Garansi
iPhone 7 Jet Black yang tergores. foto: The Verge

Metrotvnews.com: Apple telah resmi memperkenalkan iPhone 7 ke hadapan publik. Selain pembaruan dari segi desain, sistem operasi, dan spesifikasi, iPhone 7 juga merupakan smatphone pertama Apple yang tahan air. Sebenarnya beberapa ponsel Android di kelas high-end.

Namun, tampaknya konsumen masih harus sangat hati-hati karena Apple ternyata tidak sepenuhnya menanggung kerusakan karena air.

iPhone 7 memang sudah mendapatkan sertifikat IP67 untuk kategori produk elektronik tahan air. Sayangnya, jika mengacu pada keterangan tambahan di situs resmi Apple mengenai iPhone 7, beberapa kerusakan yang disebabkan air tidak akan ditanggung Apple. Mereka masih bisa memperbaikinya, tetapi pasti terkena biaya tambahan.

“iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tahan cipratan, tahan air, dan tahan debu, yang sudah teruji dalam labotarium dengan sertifik IP67 standar IEC 60529,” seperti yang dikutip langsung dari situs resmi Apple. “Ketahanan terhgadap cipratan, air, dan debu bukanlah kondisi yang permanen, dan ketahanan tersebut bisa menurut seiring dengan pemakaian produk.”

“Jangan mengisi baterai ketika dalam keadaan basah. Bacalah petunjuk untuk mengetahui cara membersihkan dan mengeringkannya. Kerusakan oleh cairan tidak akan ditanggung garansi.”

IP67 merupakan salah satu sertifikat internasional (International Protection) yang mengacu pada ketahanan produk terhadap air atau cairan lain.

Dalam hal ini, masih ada batasan tertentu untuk menyebut sebuah produk yang tahan air. Oleh karena itu, biasanya produk elektronik memiliki batasan kedalaman saat terendam di air, atau beberapa skenario yang membuatnya tidak rusak walaupun terkena cipratan air.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus adalah dua ponsel Apple teranyar yang menyediakan beberapa perubahan. Selain tahan air, keduanya tidak mempunyai jack audio 3,5mm, yang biasa dipakai dalam menghubungkan ponsel dengan earphone. Selain itu, Apple juga menggulkan desain yang lebih kedap sehingga tidak mudah kemasukan air.
 


(MMI)

Video /