Unggah Foto di Facebook, Wanita Ini Tuntut Orangtuanya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 15 Sep 2016 10:28 WIB
media sosial
Unggah Foto di Facebook, Wanita Ini Tuntut Orangtuanya
(IZABELA HABUR/GETTY IMAGES/ISTOCKPHOTO)

Metrotvnews.com: Sekarang ini, mengunggah foto memalukan seseorang tanpa izin di Facebook dapat berujung masalah. Namun, bagaimana jika orangtua yang mengunggah foto dari anaknya?

Seorang remaja berumur 18 tahun asal Carinthia, Austria berusaha menuntut orangtuanya karena mengunggah foto memalukana tanpa izin selama 7 tahun.

Seperti yang dilaporkan oleh The Local, pengacara wanita tak bernama ini, Michael Rami mengklaim bahwa orangtua perempuan ini telah mengunggah sekitar 500 fotonya tanpa izin di Facebook. Foto-foto tersebut menunjukkan berbagai kegiatan sang perempuan, mulai dari saat sang orangtua mengganti popoknya hingga ketika dia sedang dilatih untuk ke kamar mandi.

Menurut Mashable, Rami berkata, jika dia berhasil membuktikan bahwa foto-foto yang diunggah oleh sang orantua melanggar hak kliennya untuk hidup mandiri, maka dia akan memenangkan kasus ini, yang persidangannya dijadwalkan pada bulan November.

Sang wanita berkata, "Mereka tidak tahu malu dan tidak tahu batas -- mereka tidak peduli apakah gambar itu adalah gambar saya yang sedang duduk di toilet atau berbaring telanjang di ranjang bayi saya -- setiap bagian dari hidup saya difoto dan dipublikasikan."

Pihak orangtua menolak untuk menghapus foto-foto yang telah mereka unggah. Sang ayah berkeras bahwa karena dia yang mengambil foto, maka foto-foto itu adalah miliknya dan dia memiliki hak untuk mempublikasikannya ke hadapan umum.

"Saya lelah tidak ditanggapi dengan serius," kata sang wanita. Saat ini, masih belum diketahui siapa yang akan memenangkan kasus ini.

Namun, hal ini menjadi pengingat bahwa peraturan terkait media sosial terus berubah. Karena itu, sebagai orangtua, Anda mungkin harus berpikir dua kali sebelum mengunggah foto dari anak Anda.


(MMI)

Video /