Play Anywhere, Cara Xbox One Hadapi Dominasi PS4 di Indonesia

Mohammad Mamduh    •    Senin, 10 Oct 2016 11:54 WIB
microsoftgames
Play Anywhere, Cara Xbox One Hadapi Dominasi PS4 di Indonesia
foto: Windows Central

Metrotvnews.com, Jakarta: Membicarakan konsol, Sony PlayStation dan Microsoft Xbox adalah rival sejati. Meskipun begitu, secara global, PlayStation adalah produk favorit ketimbang Xbox, dan sampai saat ini tren tersebut masih terlihat.

Kekalahan Xbox di pasar konsol membuat Microsoft harus mencari cara agar Sony tidak "bermain sendirian" di industri ini. Salah satu langkah yang diambil adalah menyediakan fitur Play Anywhere.

Play Anywhere merupakan salah satu senjata utama Microsoft dalam menghadapi dominasi Sony via PlayStation 4, terutama untuk pasar Asia Tenggara. Hal tersebut disampaikan oleh Senior Category Manager Xbox, Chris Goh, dalam ajang GameStart Asia 2016. Ia menyebutkan, konsol Xbox tidak memiliki pasar seluas PlayStation 4, terutama untuk Asia.

"Harus saya akui, Xbox tidak memiliki pasar yang sama luasnya dengan PlayStation," kata Goh. "Oleh karena itu, Play Anywhere adalah jawaban yang tepat. Anda bisa memainkan game Xbox One di PC. Fitur ini cocok untuk negara yang belum kedatangan konsol Xbox One."

Goh melanjutkan, di Asia Tenggara, Singapura adalah pasar terkuat Xbox One, disusul dengan Taiwan dan Tiongkok untuk wilayah Asia. Di Indonesia sendiri, Microsoft memutuskan untuk tidak menjual konsol mereka. Dengan kata lain, semua konsol Xbox yang dipasarkan melalui toko game nasional merupakan sepenuhnya tanggung jawab pemilik toko. 

"Indonesia adalah pasar yang sangat besar untuk gaming, tetapi kami memilih untuk tidak menjual Xbox di sana. Namun, Play Anywhere memungkinkan gamer Indonesia memainkan jajaran judul game eksklusif kami di PC mereka." 

Misalnya, Anda membeli Gears of War 4 untuk Xbox One, maka secara otomatis Anda mendapatkan kode game yang sama untuk Windows 10 gratis, dengan harga yang sama. Untuk mode multiplayer, fitur ini akan mempertemukan gamer dari PC dan Xbox One.

Apakah suatu saat nanti Xbox One akan dijual resmi di Indonesia? "Saya harus menunggu keputusan dari kantor pusat untuk hal itu." kata Goh. Singapura memang menjadi negara yang mendapat dukungan secara intensif dari tim Xbox.

Hal ini juga terlihat dari harga yang ditawarkan. Xbox One versi 500GB dipatok sekitar Rp3,8 juta untuk Singapura. Sementara jika Anda melihat konsol ini di toko game Indonesia, harganya bisa mencapai Rp6 juta.

Menjelang akhir tahun dan awal tahun depan, Xbox One menyiapkan jajaran game ekslusif teranyar yang cukup menarik, seperti ReCore, Gears of War 4, dan Forza Horizon 3. Adapun game lain yang juga tersedia untuk pesaingnya adalah Final Fantasy XV dan NBA 2K17.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

1 day Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.