iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Meluncur

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 08 Sep 2016 02:48 WIB
appleiphone 7
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Meluncur
iPhone 7 Plus

Metrotvnews.com: Apple akhirnya memperkenalkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada acara Apple Event malam ini.

Dalam acara tersebut, CEO Apple, Tim Cook, juga mengumumkan bahwa Apple telah berhasil menjual lebih dari 1 milyar unit iPhone. Ia mengklaim bahwa iPhone adalah smartphone dengan penjualan terlaris di dunia, dan iPhone 7 adalah iPhone versi terbaik yang pernah dirilis oleh Apple.

iPhone 7 dan 7 Plus hadir dengan banyak sekali fitur unggulan. Pertama ponsel terbaru Apple ini akan menggunakan iOS 10, sistem operasi baru Apple yang diklaim akan hadir dengan berbagai pembaruan fitur seperti Siri In Apps, sistem navigasi yang lebih baik, hingga keyboard yang lebih interaktif.

iOS 10 juga telah mendukung aplikasi HomeKit, sehingga memungkinkan pengguna iPhone 7 untuk mengontrol lebih dari 100 peralatan rumah tangga pintar yang terkoneksi dalam satu jaringan komputer di rumah.



Fitur unggulan selanjutnya adalah bodi dengan desain tertutup. Desain baru pada iPhone 7 memungkinkan ponsel baru ini memiliki sertifikasi IP67. Artinya, iPhone 7 telah memiliki fitur tahan air dan debu. Beberapa perubahan juga dihadirkan oleh Apple pada bodi ponsel ini, salah satunya adalah tombol utamanya. Kali ini tombol tersebut tidak hadir dalam bentuk mekanis, dilengkapi dengan trackpad berteknologi Force Touch, serta ditenagai oleh Taptic Engine.

iPhone 7 juga akan hadir dalam tampilan baru, yaitu Jet Black. Namun, Apple memberi nama varian iPhone 7 tersebut sebagai "Black" saja. Sementara warna pada versi sebelumnya yaitu gold, silver, dan rose gold juga akan hadir di iPhone 7.

Salah satu perubahan besar pada iPhone 7 adalah kamera. iPhone 7 diklaim memiliki kamera dengan kualitas pengambilan gambar terbaik dari semua ponsel yang ada di pasar saat ini.

Menariknya, kamera di iPhone 7 akan berbeda dengan kamera iPhone 7 Plus yang menggunakan teknologi dua kamera. Teknologi tersebut juga memungkinkan kamera iPhone 7 Plus memiliki fitur baru, salah satunya adalah zoom.



Fitur lain yang diunggulkan Apple pada iPhone 7 kali ini adalah layar. Masih menggunakan teknologi Retina Display, iPhone 7 memiliki layar dengan fitur color gamut yang tinggi. Fitur tersebut memungkinkan foto dapat tampil dengan kontras warna tinggi. Fitur ini bahkan telah hadir di aplikasi Instagram untuk iOS.

Selain kamera dan layar, Apple juga berbicara tentang audio. Seperti rumor dan bocoran yang beredar, iPhone 7 tidak memiliki port audio 3.5mm. Sebagai penggantinya, iPhone 7 memanfaatkan port Lightning sebagai penghubung perangkat audio.

Apple beralasan, port 3.5mm sudah kadaluwarsa dan memakan banyak tempat pada komponen ponsel sehingga rancangan ponsel tidak bisa diminimalisir. Apple juga mengatakan untuk berubah ke arah yang lebih baik, kita harus memiliki "keberanian", dalam hal ini beralih ke port Lighning.



Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena Apple juga masih menyediakan adapter dari Lightning ke port 3.5mm.

Terakhir, Apple berbicara mengenai performa iPhone 7. Ponsel terbaru Apple ini telah menggunakan prosesor A10 yang lebih kencang. Apple mengklaim prosesor tersebut mampu membuat iPhone 7 memiliki performa 40 persen lebih kencang dari iPhone 6s dan 120 kali lebih kencang dari iPhone pertama.

Prosesor A10 juga mampu membuat baterai iPhone 7 lebih hemat. Klaim Apple mengatakan ponsel terbarunya kali ini memiliki daya tahan baterai hingga 2 jam lebih baik dari iPhone 6.



iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bisa dipesan pada tanggal 9 September besok. Sementara untuk harganya, Apple membanderol iPhone 7 mulai dari USD649. Sementara iPhone 7 plus dibanderol mulai dari USD769. Keduanya akan hadir dalam varian kapasitas mulai dari 32GB hingga 256GB.


(MMI)

Video /