Medsos tak Punya Dampak Besar ke E-Commerce

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 04 Jul 2018 14:47 WIB
e-commerce
Medsos tak Punya Dampak Besar ke E-Commerce
Ilustrasi.

Jakarta: Banyak orang yang mencari informasi tentang produk yang ingin mereka beli online dan membelinya di toko offline, menurut penelitian terbaru.

Kini, konsumen dapat dengan mudah mencari tahu tentang produk yang mereka ingin beli sebelum pergi ke toko untuk membelinya. Tren ini akan menguntungkan toko retail yang berhasil menonjolkan diri di dunia online.

Salesforce menganalisis aktivitas dari 500 juta konsumen untuk mengidentifikasi tren dan kebiasaan konsumen dalam berbelanja. Mereka meneliti data dari 843 situs e-commerce di 36 negara dengan 1,4 miliar view.

Laporan terbaru ini menunjukkan bahwa media sosial tidak memberikan dampak yang terlalu besar pada e-commerce, lapor ZDNet. Jumlah pembeli yang datang dari media sosial tidak bertambah.

Sementara pengunjung yang datang dari media sosial hanya memberikan kontribusi sebesar 4,7 persen dari total view sebuah situs e-commerce. Jumlah pembelian yang datang dari media sosial hanya mencapai 2 persen dari total pembelian.


Gambar: Salesforce

Trafik yang berasal dari perangkat mobile terus naik seiring dengan turunnya trafik dari tablet dan komputer. Pembelian menggunakan smartphone berkontribusi 41 persen dari total transaksi sebuah e-commerce.

Menariknya, besar diskon di e-commerce naik 10 persen dari tahun lalu, dengan rata-rata diskon sebesar 20 persen.

Para penjual retail biasanya menawarkan diskon yang lebih besar dan menggratiskan ongkos kirim. Survei ini juga menunjukkan bahwa 65 persen dari total pembelian dikirimkan tanpa ongkos kirim selama Q1 2018. Angka ini naik 11 persen dalam waktu dua tahun.

Meskipun situs e-commerce besar kini menawarkan pengiriman barang dalam hari yang sama, konsumen tetap memilih untuk pergi ke toko offline ketika mereka ingin mendapatkan produk dengan cepat. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.