neuCentrIX Diharap Menggerakkan Perekonomian Digital

M Studio    •    Kamis, 12 Apr 2018 15:36 WIB
berita telkom
neuCentrIX Diharap Menggerakkan Perekonomian Digital
CEO Telin Hong Kong Indarto Nata (kedua dari kiri) dan Country Manager Hong Kong Superloop Susana Halliday (kedua dari kanan) usai penandatanganan Agreement pelanggan neuCentrIX Hong Kong (Foto:Dok.Telkom)

Jakarta: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usaha yang menjalankan bisnis internasional, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), meresmikan beroperasinya Data Center neuCentrIX (Neutral Cloud and Internet Exchange) Hong Kong. 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Wholesale & International Service, Abdus Somad Arief, CEO Telin Faizal Rochmad Djoemadi dan CEO Telin Hong Kong, Indarto yang juga dihadiri mitra, pelanggan, dan calon pelanggan neuCentrIX Hong Kong yang berlokasi di Kowloon Hong Kong. 

Dengan beroperasinya neuCentrIX Hong Kong menandai keberadaan neuCentrIX milik Telkom Group di 12 kota domestik dan global. Sebelumnya, telah beroperasi di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Manado, dan Singapura.   

Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief atau yang akrab disapa Asa menjelaskan neuCentrIX adalah brand produk Data Center yang dikelola oleh Telkom Group, baik di domestik oleh Telkom Sigma maupun di luar negeri oleh Telin Group. 

"neuCentrIX menghadirkan Data Center yang terkoneksi secara seamless baik domestik maupun global. Content provider domestik cukup mengunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dan dapat merasakan manfaat akses global. neuCentrIX merupakan Data Center netral yang memiliki koneksi ke berbagai service dan network provider dari seluruh dunia. Jadi content provider, service provider maupun network provider semua dimudahkan," ucap Asa.

Pada kesempatan yang sama, CEO Telin Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan bahwa neuCentrIX Hong Kong dibangun dengan fasilitas kelas dunia yang memenuhi standar internasional untuk mengakomodir peluang pasar konten provider di regional yang berkeinginan terhubung dengan 260 juta masyarakat Indonesia, serta jutaan lainnya melalui keberadaan 65 Point of Presences di seluruh penjuru dunia yang dikelola Telin Group.

“Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya bangsa Indonesia, namun juga dunia. Karenanya peran neuCentrIX sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia,” ujar Asa.    


(ROS)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.