Oppo Find X tak Kuat 'Disiksa' YouTuber

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 27 Jul 2018 15:49 WIB
oppo
Oppo Find X tak Kuat 'Disiksa' YouTuber
Oppo Find X. (JerryRigEverything/Youtube)

Jakarta: JerryRigEverything adalah salah satu Youtuber di industri smartphone yang sangat dikenal. Alasannya adalah dia rela menyiksa setiap smartphone yang ada di tangannya.

Tujuannya adalah mengetahui seberapa baik daya tahan sebuah smartphone. Berdasarkan pantauan Medcom.id, JerryRigEverything baru saja mengunggah aksi terbarunya, yaitu menguji daya tahan Oppo Find X yang juga sudah meluncur di Indonesia.

Seperti diketahui, Oppo Find X terkenal dengan desain kamera depan sekaligus belakang yang menonjol dari bagian tengahnya, berkat teknologi micro motor yang membuat bagian kameranya akan menonjol keluar secara otomatis saat kamera akan digunakan.

Seperti biasa, JerryRigEverything melakukan uji gores pada layar Oppo Find X menggunakan alat yang bernama Mohs dengan skala dua sampai delapan. Semakin tinggi skalanya, maka material di ujung alat Mohs semakin keras dan umumnya mampu meninggalkan bekas gores.



Layar Oppo Find X rupanya baru mendapatkan goresan di skala enam yang menandakan bahwa layarnya menggunakan material kaca. Menurut JerryRigEverything, hal tersebut cukup bagus dan lumrah dialami saat dirinya menguji smartphone premium.

Selanjutnya ia  menggunakan pisau cutter untuk menggores sisi smartphone. Apabila smartphone dengan rangka plastik biasanya akan dikuliti dalam proses ini, Oppo Find X ternyata membekali seluruh bagian sisi atau rangkanya dengan bahan metal, sehingga cat atau material sisinya tidak terkelupas.

Material bagian wajah yakni di sekitar layar dan bagian punggungnya yang menggunakan lapisan kaca ternyata juga sangat tahan terhadap goresan pisau. Sama sekali tidak ada sisa goresan di permukaan tadi.



Pengujian selanjutnya adalah proses pembakaran bagian layarnya. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui daya tahan laharnya terhadap suhu panas atau ekstrim. Setelah 14 menit dibakar dengan korek api, layarnya masih responsif tetapi meninggalkan bekas warna putih.

Hal paling mengejutkan adalah saat uji daya tahan bodinya. Oppo Find X melengkung hanya menggunakan kekuatan tangan. Baik bagian layar maupun bodi belakangnya berhasil dipatahkan. Ponsel masih berfungsi, tapi dengan warna layar yang mulai berubah.

Bodi belakang yang telah melengkung juga pecah, yang membuat pelapis belakang Oppo Find X seperti kerupuk. Dari situ, Jerry membongkar dan memamerkan komponen ponsel, seperti baterai dan mekanisme kamera.

Oppo Find X telah diumumkan untuk pasar Indonesia dengan banderol Rp12.999.000.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.