Computex 2018

Empat Aksesori ROG Phone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Jun 2018 08:14 WIB
asusComputex 2018
Empat Aksesori ROG Phone
ROG Phone yang terhubung dengan mobile dock, lengkap dengan keyboard dan mouse. (Medcom.id)

Taipei: ASUS meluncurkan ROG Phone, smartphone gaming pertama yang akan bersaing dengan ponsel gaming lain seperti Xiaomi Blackshark dan Razer Phone.

Selain spesifikasi yang mumpuni, ASUS juga melengkapi ROG Phone dengan fitur-fitur khusus untuk para gamer, seperti air trigger. Air trigger adalah dua tombol yang ada pada bagian kanan ponsel, yang bisa dijangkau dengan jari telunjuk ketika Anda menggunakannya secara horizontal. 

Chih-Hao Kung, EMEA TPR Lead, ASUS menjelaskan, Anda biasanya menggunakan empat jari saat bermain game MOBA di mobile. Namun, bermain dengan cara ini membuat jari menghalangi layar. Dengan air trigger, Anda bisa menekan tombol tanpa harus khawatir layar akan terhalang. 



Selain air trigger, ASUS juga menambahkan port charger kedua pada bagian samping ROG Phone. Tujuannya adalah agar Anda tetap bisa mengisi baterai sambil bermain.

Dalam peluncuran ROG Phone, Global Marketing Director of ROG, Derek Yu menjelaskan, salah satu masalah yang sering ditemui gamer ketika bermain game menggunakan smartphone adalah kabel charger yang mengganggu ketika mereka ingin bermain game sambil mengisi baterai ponsel. 

"Kami menambahkan port charger dan audio jack di samping ponsel, dengan begitu, tidak ada lagi yang akan menghalangi Anda bermain," kata Yu. Dia mengungkap, ASUS bekerja sama dengan tim esport profesional untuk membantu mereka membuat desain smartphone yang lebih baik. 

Port di samping ROG Phone ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan Aeroactive Cooler, salah satu aksesori ROG Phone. 

ASUS tidak hanya menyesuaikan desain ROG Phone untuk memberikan pengalaman bermain yang baik, mereka juga menyediakan beberapa aksesori pendukung. Inilah empat aksesori ROG Phone yang ASUS perkenalkan bersama dengan ROG Phone. 

1. Aeroactive cooler
Aeroactive cooler adalah aksesori pendingin yang akan menjadi bagian dari paket penjualan ROG Phone. Pendingin ini bisa dipasang pada ROG Phone melalui port pada bagian samping ponsel. Begitu terpasang, kipas akan secara otomatis menyala.

 

2. TwinView dock
Salah satu aksesori lain yang ASUS perkenalkan bersamaan dengan ROG Phone adalah TwinView Dock. Anda dapat memasang ROG Phone pada dock ini, yang memiliki layar tersendiri. Aksesori ini memiliki tonjolan pada bagian belakang, membuatnya nyaman untuk digenggam. Selain itu, aksesori ini juga memiliki tombol ekstra di sebelah kiri dan kanan. 



"Bersama dengan beberapa publisher game, kami menyediakan dukungan dua layar untuk game sehingga antarmuka game bisa tampil pada," kata Kung.

Dia menyebutkan, mereka akan secara aktif bekerja sama dengan para publisher game untuk memastikan semakin banyak game yang mendukung fitur dua layar.

Selain membuat ponsel menjadi lebih nyaman digenggam, melalui dock ini, Anda juga bisa melakukan live streaming dengan lebih mudah. Game akan tampil pada layar dock sementara ponsel akan membuka aplikasi streaming seperti Twitch. 

3. Mobile desktop dock
Serupa dengan Samsung DeX, Mobile desktop dock memungkinkan Anda untuk menghubungkan ROG Phone ke monitor. Menariknya, dock ini memiliki port yang sangat lengkap, mulai dari port USB, HDMI hingga port LAN. Melalui dock ini, Anda juga bisa menghubungkan keyboard dan mouse untuk mengontrol ROG Phone. 

4. Gamevice & WiGig Dock
Jika desktop dock menghubungkan ROG Phone dengan monitor, WiGig Dock menghubungkan ponsel ini ke TV. Dengan controller Gamevice, Anda akan bisa memainkan game di ROG Phone di ruang keluarga layaknya bermain game di konsol. 

"Beberapa game lebih enak untuk dimainkan dengan keyboard dan mouse, sementara beberapa game lainnya lebih menyenangkan untuk dimainkan dengan controller dengan tombol," kata Yu.

"Melalui kerja sama kami dengan Gamevice, kami membuat controller untuk ROG Phone yang memberikan Anda pengalman bermain layaknya bermain konsol."



Sayangnya, saat ini, masih belum diketahui apakah ASUS akan memboyong ROG Phone ke Indonesia. Jika iya, mereka juga belum memberitahu aksesori apa saja yang akan mereka sediakan. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.