Samsung Gaet Microsoft Garap Headset AR/VR

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 May 2018 12:51 WIB
samsungmicrosoftvirtual reality
Samsung Gaet Microsoft Garap Headset AR/VR
Ilustrasi.

Jakarta: Dua minggu setelah beredar rumor Apple sedang mengembangkan headset AR/VR nirkabel, muncul laporan bahwa Samsung sedang mengembangkan headset serupa. 

Menurut The Korea Times, Samsung bekerja sama dengan Microsoft mengembangkan headset performa tinggi yang bisa mendukung teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Berbeda dengan headset buatan Apple yang akan diluncurkan pada 2020, Samsung berencana memperkenalkan headset miliknya pada IFA yang diadakan di Berlin pada Agustus mendatang. 

Hubungan Samsung dan Microsoft tidak terlalu baik. Samsung telah mengklarifikasi hal ini. "Samsung Electronics sedang mengembangkan headset premium nirkabel yang mendukung baik teknologi VR dan AR," katanya. "Pastinya, Samsung berencana untuk menggunakan prosesor, layar OLED dan sensor buatan sendiri."

"Yang lebih penting lagi, Microsoft telah menurunkan jumlah royalti karena mereka mengambil pendekatan bermacam-macam untuk menyediakan ekosistem yang kaya akan game dan aplikasi yang akan menarik para pengguna."

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada informasi lain terkait headset yang hendak Samsung buat. Selama ini, Samsung sering gagal memenuhi target peluncuran yang mereka buat sendiri. Misalnya Bixby yang terus diundur.

Namun, dengan bantuan Microsoft, kemungkinan, headset AR/VR ini akan diusahakan diluncurkan secepatnya, terutama karena Microsoft juga tengah mendorong penggunaan platform Mixed Reality buatan mereka. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.