SAP Mulai Pasang Komputasi Awan Digital untuk Manufaktur

Mohammad Mamduh    •    Senin, 30 Apr 2018 11:20 WIB
corporate
SAP Mulai Pasang Komputasi Awan Digital untuk Manufaktur
Ilustrasi: SAP

Jakarta: SAP memperkenalkan SAP Digital Manufacturing Cloud, sebuah solusi untuk membantu perusahaan dalam mengoptimalkan performa, meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi, serta menjamin keselamatan kerja.

Dibangun berdasarkan pengalaman dalam industri Internet of Things (IoT), analytics prediktif dan jaringan suplai, solusi ini diklaim membantu produsen menggunakan beragam jenis teknologi industri 4.0 di dalam cloud.

Peluncuran solusi ini diumumkan dalam acara Hannover Messe 2018 yang diadakan di Hannover, Jerman, 23-27 April 2018.

Solusi cloud yang baru ini diklaim memperluas dan melengkapi portofolio manufaktur digital solusi on-premise dari SAP, dan tersedia dalam bundel yang berbeda untuk melayani pabrik dengan berbagai ukuran, baik dalam discrete industries dan process industries dan peran dalam organisasi masing-masing.

Para pelanggan SAP dapat memilih beragam opsi di dalam solusi SAP Digital Manufacturing Cloud yang menyediakan semua solusi dalam portofolio cloud manufaktur, atau solusi SAP Digital Manufacturing Cloud untuk wawasan yang berfokus pada manajemen kinerja dan kualitas prediktif.

"Produsen di era Industri 4.0 memerlukan solusi yang cerdas, berjaringan dan prediktif," kata Bernd Leukert, anggota dewan eksekutif SAP SE, Produk & Inovasi.

SAP Digital Manufacturing Cloud memiliki beberapa fungsi, diantaranya olusi operasional toko memiliki fitur "lot size one" dan kemampuan produksi tanpa kertas. Ini mengintegrasikan sistem bisnis dengan operasional toko, sehingga menyediakan komponen lengkap dan visibilitas tingkat material untuk instalasi tunggal dan global.

Manajemen kinerja terpusat dan berdasarkan data memungkinkan para stakeholders utama mendapatkan kinerja dan operasi manufaktur terbaik di kelasnya.

Kualitas prediktif. Fitur ini membantu produsen mendapatkan wawasan berharga untuk menyesuaikan spesifikasi di seluruh proses dan merampingkan manajemen mutu. Fitur ini juga memungkinkan produsen menerapkan algoritma prediktif yang dapat mengurangi kerugian dari cacat produksi, kekurangan atau variasi, dan merekomendasikan tindakan korektif.

Ketiga adalah jaringan manufaktur. Jaringan ini menyediakan platform berbasis cloud yang terintegrasi dengan solusi SAP Ariba yang menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan manufaktur, seperti pemasok layanan pencetakan 3D dan kontrol numerik komputer (CNC), penyedia material, produsen peralatan orisinal (OEM) dan perusahaan sertifikasi teknis.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.