Tidak Hanya Manusia, Hewan Juga Punya Aplikasi Pencari Jodoh

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 10 Jul 2017 14:38 WIB
teknologiaplikasi
Tidak Hanya Manusia, Hewan Juga Punya Aplikasi Pencari Jodoh
Peto menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan, termasuk mencari jodoh.

Metrotvnews.com, Jakarta: Teknologi yang kian berkembang pesat tidak hanya memiliki manfaat bagi pengguna manusia saja. Inovasi di ranah teknologi juga mulai menyuguhkan manfaat bagi hewan peliharaan via pemiliknya.

Manfaat tersebut dihadirkan oleh Peto, aplikasi yang ditujukan untuk menghadirkan kemudahan bagi pemilik hewan peliharaan dalam melakukan perawatan dan memenuhi kebutuhan, serta mencarikan jodoh untuk hewan peliharaan mereka.

Pencarian jodoh tersebut dihadirkan Peto melalui salah satu fiturnya, bernama Peto Date. Serupa aplikasi untuk manusia, Peto Date juga menampilkan informasi cukup detil, dari usia dan lokasi hewan peliharaan, hingga jenis dari hewan.

Fitur tersebut juga didukung fungsi untuk mengatur luas jangkauan area pencarian, memungkinkan pemilik hewan peliharaan untuk mencarikan jodoh bagi hewan di sekitar tempat tinggal mereka. Fitur ini juga memungkinkan pemilik hewan peliharaan untuk berkomunikasi satu sama lain via aplikasi.

Selain fitur pencarian jodoh, aplikasi Peto juga menyediakan fitur lain yang dapat dimanfaatkan pemilik hewan peliharaan untuk memperoleh makanan, perawata kesehatan, hingga perawatan rutin dengan lebih mudah.

Salah satu layanan yang dapat dimanfaatkan pemilik hewan peliharaan adalah layanan grooming. Melalui aplikasi ini, pemilik dapat mencari penyedia layanan tersebut dengan lokasi terdekat dari kediaman mereka, dan meminta penyedia layanan untuk merawat hewan peliharaan ke rumah.

Aplikasi ini digagas oleh Ditya Nandhiwardhana, setelah mengalami pengalaman kurang menyenangkan terkait dengan layanan yang diterima oleh kucing peliharaannya. Peto digadang sebagai aplikasi untuk hewan peliharaan pertama dan terlengkap hingga saat ini.

Aplikasi Peto resmi dirilis pada bulan September tahun lalu, dan telah menerima sejumlah pembaruan, salah satunya adalah Peto Services. Fitur ini menawarkan sejumlah pemenuh kebutuhan, dari grooming, training, penitipan, jasa antar hewan, hingga jasa mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan.

“Fitur terbaru di Shop kita, kerja sama dengan Royal Canin. Jadi kita bisa cari tahu makanan apa yang paling cocok untuk hewan kita,” ujar kreator Peto, Ditya Nandhiwardhana.

Aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk pemilik hewan peliharaan anjing atau kucing, tapi juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik hewan peliharaan lain, seperti kelinci. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pelestarian hewan yang hampir punah, hingga menemukan hewan peliharaan yang hilang.




(MMI)