Kominfo Bantu Telkom Amankan Slot Satelit

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 30 Aug 2017 15:56 WIB
kominfosatelittelkom
Kominfo Bantu Telkom Amankan Slot Satelit
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengumumkan bahwa pemerintah siap membantu Telkom mengamankan slot satelit yang secara fisik kini berada dalam keadaan kosong setelah anomali Telkom-1. 

"Pemerintah akan membantu Telkom untuk mengamankan slot-nya, karena ada proses administrasi dengan ITU agar slot tersebut aman digunakan indonesia, khususnya Telkom. Karena Telkom akan meluncurkan satelit pengganti tahun depan," ujar Rudiantara saat ditemui di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu (30/8/2017). 

Rudiantara menyebutkan, pada umumnya, ketika slot satelit kosong, slot tersebut tidak boleh dibiarkan kosong. "Dalam waktu kurang dari 3 tahun, harus sudah ada rencana untuk meluncurkan satelit baru," katanya. Telkom sendiri berencana meluncurkan satelit yang saat ini dinamai Telkom-4 tahun depan. Namun, Rudiantara ingin memastikan bahwa slot yang tadinya diisi oleh Telkom-1 tetap dapat digunakan oleh Indonesia.

"Memang jadwal semula, satelit baru diluncurkan tahun depan. Karena ada kejadian ini, satelit yang baru belum sementara satelit yang skrg (Telkom-1) sudah tidak berfungsi. Kekosongan ini jangan sampai ada yang memanfaatkan," ujarnya.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menyambut niat baik pemerintah. Dia menyebutkan, secara fisik, status Telkom-1 memang kosong. Namun, secara administratif, slot Telkom-1 masih berada atas nama negara Indonesia. Karena itulah, ujarnya, proses administratif dengan ITU harus diurus. 

Rudiantara optimistis proses administrasi dengan ITU ini akan berjalan dengan mulus. Alex memperkirakan, mengurus administrasi dengan ITU tidak memakan biaya, kecuali biaya perjalanan untuk pergi ke markas ITU yang terletak di Swiss. 

ITU (International Telecommunication Union) adalah badan di bawah PBB yang khusus mengatur maslaah teknologi informasi dan komunikasi, termasuk pengaturan slot satelit.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /